SOLOPOS.COM - Ilustrasi tawuran (JIBI/Solopos/Dok.)

Tawuran pelajar di Semarang menjadi salah satu masalah yang diwaspadai aparat Polrestabes Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG – Bentok antarpelajar yang berujung tawuran di Kota Semarang belakangan ini kerap terjadi. Guna menanggulangi aparat Polrestabes Semarang pun menggiatkan patroli rutin di beberapa lokasi yang kerap digunakan berkumpul para pelajar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Satuan (Kasat) Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polrestabes Semarang, Kompol Andhika Bayu Adhitama, mengatakan patroli rutin itu digalakan mengingat beberapa waktu lalu petugas mendapati sekelompok pelajar yang tengah berpesta minuman keras (miras). Pesta miras yang dilakukan sekelompok pelajar itu pun berpotensi berujung tawuran antarpelajar.

“Yang rawan itu sekarang masalah miras dan perkelahian. Sebab beberapa kali kami menemui pelajar berpesta miras, beli minuman jenis ciu, terus minum bareng-bareng. Makanya kami adakan patroli rutin yang dikhususkan untuk memantau pelajar,” ujar Andhika seperti dilansir situs resmi Polrestabes Semarang, Jumat (16/12/2016).

Dalam patroli itu, polisi anggota Polrestabes Semarang menyisir tempat-tempat yang kerap digunakan berkumpul para pelajar. Bukan hanya itu, polisi juga akan mewaspadai jika ada pelajar yang bergerombol di suatu tempat di luar lingkungan sekolah.

“Pulang sekolah kita lihat bergerombolnya, kalau sudah mengarah ke indikasi tawuran atau pesta miras ya kami datangi. Dari kemarin kita dapat beberapa pelajar yang bergerombol mabuk-mabukan, maka kami bawa ke kantor untuk dibina,” imbuh Kasat Binmas Polrestabes Semarang.

Terkait sanksi tegas untuk memberikan efek jera terhadap pelajar yang kedapatan pesta miras atau tawuran, Andhika menyebutkan hanya akan melakukan pembinaan. Sementara untuk sanksi tegas akan diberikan wewenang kepada masing-masing sekolah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya