SOLOPOS.COM - Ilustrasi pria bertato. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Peneliti di Korea Selatan tengah mengembangkan tato pemantau kesehatan tubuh yang berbasis nanoteknologi. Bagaimana cara kerjanya? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Tato ini berbeda dari tato tinta biasa. Melansir Reuters, Selasa (2/8/2022), tinta tato ini terbuat dari logam cair dan karbon nanotube yang berfungsi sebagai bioelektroda sehingga nantinya bisa terhubung dengan perangkat pemeriksa kesehatan seperti elektrokardiogram (EKG) atau biosensor lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketika terhubung, alat ini dapat mengirimkan pembacaan detak jantung pasien dan tanda-tanda vital lainnya seperti glukosa dan laktat ke monitor.

Baca Juga: Kalahkan Korea Selatan, Jepang Akhiri Dahaga Juara EAFF

Ekspedisi Mudik 2024

Tato pemantau kesehatan ini memakai tinta khusus. Dilansir dari The Straits Times, Selasa (2/8/2022), para peneliti dari Korea Advanced Institute of Science and Technology di Kota Daejeon, barat daya Seoul, tengah mengembangkan tinta tato elektronik yang terbuat dari logam cair dan karbon yang berfungsi sebagai bioelektroda.

Dipasangkan ke sebuah perangkat elektrokardiogram (EKG) atau biosensor lainnya, tato nanoteknologi ini nantinya dapat memperlihatkan catatan detak jantung pasien serta tanda-tanda vital lainnya, seperti tingkat glukosa darah dan laktat, di layar monitor.

“Di masa mendatang, apa yang kami harapkan ialah dapat menghubungkan chip nirkabel terintegrasi dengan tinta (tato) ini, sehingga kami dapat berkomunikasi atau mengirimkan sinyal antara tubuh kami ke perangkat eksternal,” ucap pemimpin proyek sains, Steve Park, yang merupakan seorang profesor ilmu material dan teknik, seperti dikutip dari Antara pada Rabu (3/8/2022).

Baca Juga: V BTS Kembali ke Korea Selatan Lebih Awal Ternyata Demi Ini

Tinta ini diklaim tidak merusak kulit dan terbuat dari partikel logam lunak berwarna keperakan yang juga digunakan dalam semikonduktor atau termometer.

Baca Juga: Internet Ngebut hingga Surga Fashion, Ini Kelebihan Korea Selatan

Sementara nanotube berwarna platinum juga ditambahkan dalam membuat tinta ini sehingga tinta memiliki daya tahan yang kuat.

Tujuan akhir dari penelitian tato pemantau itu adalah menghilangkan biosensor dengan kabel sehingga pemeriksaan kesehatan berpotensi lebih ringkas dilakukan.  Monitor alat-alat kesehatan tersebut secara teori dapat ditempatkan di mana saja, termasuk di rumah pasien jika percobaan ini berhasil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya