SOLOPOS.COM - Ilustrasi sujud syukur. (Facebook/ sujudku)

Solopos.com, SOLO — Salah satu amalan sunah yang dianjurkan dalam Islam yaitu sujud syukur. Meski begitu, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu sujud syukur, tata cara dan doa yang dilafalkan.

Sujud syukur merupakan amalan yang disunahkan Nabi Muhammad SAW. Amalan ini dilakukan saat mendapatkan nikmat lebih dari Allah SWT, baik nikmat rezeki, kesehehatan, atau terhindar dari mara bahaya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Tata Cara Mandi Tobat, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Latinnya

Mendirikan sujud syukur boleh dilakukan dan mendapatkan pahala dengan tertib melakukan tata cara dan doanya. Namun jika tidak melaksanakan, tidak mendapatkan dosa. Nabi Muhammad SAW mencontohkan amalan ini sebagaimana sabda beliau yang artinya:

Ekspedisi Mudik 2024

“Dari Abu Bakar, ia berkata, ‘Apabila Nabi Muhammad Saw. menerima berita yang menggembirakannya, biasanya beliau terus bersujud kepada Allah SWT.” (HR. Abu Dawud)

Untuk melakukan sujud syukur yang benar perlu mengetahui urutan gerakannya dan doa yang dipanjatkan supaya diterima Sang Pencipta. Gerakan sujud syukur tidak hanya sujud saja, melainkan seperti melakukan ibadah salat meski gerakannya tidak sebanyak salat.

Baca Juga: Doa Supaya Tidak Mudah Lupa dan Kuat Ingatan dalam Islam

Berikut tata cara sujud syukur yang dihimpun dari Liputan6, Kamis (16/12/2021):

1. Berwudu

2. Berdiri menghadap arah kiblat

3. Membaca niat sujud syukur

4. Melakukan gerakan takbiratul ihram

5. Melakukan gerakan sujud syukur satu kali

6. Membaca doa sujud syukur dalam posisi sujud

7. Duduk seperti di antara dua sujud

8. Mengucapkan salam seperti oarang selesai salat

Doa Sujud Syukur

Selain tata cara, ada doa yang harus diketahui saat mendirikan sujud syukur seperti yang dihimpun dari Suara, berikut:

1. Membaca Tasbih, Tahmid, dan Tahlil

Subhaanallahi walhamdulillaahi walaa ilaaha illallahu wallahuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim

Artinya:

Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung.

Baca Juga: Doa Menghadapi Orang Marah, Lengkap dengan Latin dan Artinya

2. Membaca Doa Sujud Syukur

Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam’ahu, wa bashorohu bi khaulihi wa kuuwatihi fatabarakallahu ahsanul kholiqiin



Artinya:

Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta. (HR. Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Tirmidzi, dan Nasa’i)

3. Membaca Surat An-Naml ayat 19

Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa’laa waalidayya wa-an a’mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibadikash shoolihiin

Artinya:

Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS. An-Naml: 19)

Itulah tata cara daa doa salat sujud syukur yang perlu diketahui agar benar dan tertib saat melaksanakannya sehingga diterima Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya