SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengundang Elon Musk menghadiri pertemuan B20 yang merupakan bagian dari KTT G20 pada November 2022. (Instagram @luhut.pandjaitan)

Solopos.com, JAKARTA — Pertemuan rombongan Menko Marves Luhut B. Pandjaitan dengan orang kaya sejagat Elon Musk menyulut lagi pertanyaan tentang rencana Tesla ke Indonesia.

Pertemuan itu sekaligus menghangatkan kembali cita-cita Indonesia menjadi pemain penting era kendaraan listrik. Bermodal cadangan nikel, lembaran baru industrialisasi otomotif Tanah Air akan ditorehkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Simbol politik sekaligus simbol penting dunia bisnis ikut menempuh perjalanan jauh bertemu Bos Tesla. Tentunya, obrolan mereka pun bukan hal sepele.

Kehadiran Menteri Koordinator dan pebisnis papan atas negeri ini menunjukkan keseriusan segepok rencana ke depan. Sebaliknya, prosesi pertemuan itupun menempatkan Musk dan Tesla sebagai sosok teramat penting.

Dari informasi yang telah beredar, pertemuan itu memang membahas beberapa hal yang tak receh. Pembicaraan utama antara lain terkait tawaran dari rombongan Indonesia agar Tesla berinvestasi di Indonesia.

Baca Juga: Dikenal Sibuk, Begini Sosok Elon Musk sebagai Ayah bagi Anak-Anaknya

Selain itu ada pula pembahasan seputar konsep environmental, social, and governance (ESG) yang belakangan dijadikan rumusan baru agar dunia bisnis bisa memberikan lebih banyak kontribusinya terhadap sekitar maupun lingkungan hidup.

“Kami satu delegasi dipimpin Pak Luhut Pandjaitan berbicara mengenai electric vehichle, renewable energy dan juga mengenai B20,” tulis Pandu Sjahrir selaku Bos Bursa Efek Indonesia yang ikut dalam pertemuan seperti dilansir Bisnis.com.

Dua isu itu klop dengan Tesla yang sejauh ini seolah berpredikat anak emas dalam industri otomotif ramah lingkungan. Dekarbonisasi yang digadang-gadang secara global menempatkan produk-produk Tesla ada dalam menu utama pasar otomotif.

Kabar ketertarikan Tesla dan Elon Musk berinvestasi di Tanah Air memang sudah sering terdengar. Pria yang baru saja mengakuisisi Twitter tersebut tercatat maju mundur dalam rencana investasi di Indonesia.

Baca Juga: Seusai Mengakuisisi, Elon Musk Bakal PHK Karyawan Twitter?

Pada tahun lalu, misalnya, Tesla sempat disebut-sebut bakal mengembangkan baterai lithium di Indonesia, namun batal.

Selanjutnya, pada awal tahun ini, Elon Musk menyatakan minatnya berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan membangun situs peluncuran SpaceX.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Lalu, apakah pertemuan kali ini juga jadi momentum Menko Luhut memastikan investasi Tesla di Indonesia?

Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani mengamini bahwa Elon Musk tertarik untuk berinvestasi untuk berinvestasi di baterai kendaraan listrik. Bahkan, menurutnya, Menko Marves juga menawarkan Tesla untuk membuat pabrik di Indonesia.

Baca Juga: Begini Peraturan Elon Musk untuk Kekasihnya

“Tesla akan mengirimkan timnya pada pertengahan bulan Mei untuk melihat dan me-review langsung tempat dan kesiapan resources kita,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (26/4/2022).

Adapun, terkait kemungkinan kerja sama dengan Indonesia Battery Corporation (IBC), Rosan mengatakan hal tersebut masih terbuka. Hanya, hal tersebut akan dibicarakan setelah perwakilan Tesla tiba di Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, rombongan RI juga untuk memaparkan program G20/B20, termasuk mengundang Elon Musk bergabung ke International Advisory Caucus B20 dan hadir di acara B20 di pertengahan November tahun ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya