Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Tarif Tiket Pesawat Dievaluasi, Bakal Naik?

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengevaluasi penyesuaian Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat guna mendukung pemulihan industri penerbangan.
SHARE
Tarif Tiket Pesawat Dievaluasi, Bakal Naik?
SOLOPOS.COM - Pramugari pesawat Airbus A320-200 maskapai Pelita Air memberi informasi kepada penumpang sebelum lepas landas di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (28/4/2022). PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha PT Pelita Air Service (PAS) membuka penerbangan perdana dengan pesawat Airbus A320-200 rute reguler dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali dan sebaliknya guna mewujudkan komitmen mendukung pengembangan industri transportasi udara dan memperkuat konektivitas wilayah dengan melayani penerbangan komersial berjadwal. (Antara/Fauzan)

Solopos.com, JAKARTA –Tarif tiket pesawat kini menjadi perhatian pemerintah. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengevaluasi penyesuaian Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat guna mendukung pemulihan industri penerbangan.

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kemenhub, Dadun Kohar, mengatakan saat ini pemerintah sedang berdiskusi mengenai upaya mendukung pemulihan industri penerbangan. Terlebih, saat ini harga avtur yang juga mengalami kenaikan.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Pemerintah akan mendukung untuk recovery antara lain dengan mengevaluasi penyesuaian ketentuan tarif angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri,” kata dia, Kamis (28/6/2022).

Menurutnya hingga saat ini pembahasan tarif penerbangan masih dalam evaluasi yang akan dilanjutkan koordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menetapkan relaksasi dan stimulus.

Selain mengenai relaksasi tarif, juga mengenai bantuan pembiayaan operasional Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan, Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U), biaya kenavigasian yang berpotensi untuk didiskusikan dalam pemulihan penerbangan.

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, YLKI: Awasi Seluruh Maskapai

Sejauh ini, pemerintah telah melakukan dukungan regulasi dengan mengacu Pasal 127 UU No. 1/2009 tentang penerbangan mengenai TBA dan TBB yang ditetapkan dengan mempertimbangkan perlindungan konsumen dan mencegah persaingan tidak sehat.

Selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan teknis PM 20/2009 dan KM 106/2019 mengenai tata cara pengaturan tarif dan penetapan TBA.

Dadun mengatakan pemulihan penerbangan memerlukan dukungan dan kontribusi berbagai pihak antara operator bandara dan stakeholder lain. Selain itu untuk mewujudkan penerbangan nyaman, selamat, efisien, serta berkesinambungan.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Kemenhub Mulai Evaluasi Tarif Batas Atas Tiket Pesawat 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode