SOLOPOS.COM - Penumpang pesawat terbang sedang memesan tiket di Stasiun KA Bandara, Selasa (28/1/2020). (Solopos-Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO -- PT KAI Daops VI/Yogyakarta masih memberlakukan tarif promo untuk tiket kereta api atau KA bandara Solo selama Maret 2020.

Tarif tiket KA bandara Solo dari atau ke Stasiun KA Bandara tujuan Stasiun Kadipiro-Solo Balapan sampai Klaten senilai Rp10.000. Sedangkan relasi Stasiun Solo Balapan-Purwosari atau sampai Kadipiro hingga Stasiun Klaten, Purwosari-Klaten, dan Klaten-Kadipiro tiketnya Rp8.000.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Eko Purwanto, mengatakan terus menyosialisasikan KA penghubung Bandara Adi Soemarmo Solo dengan stasiun di Solo dan Klaten ini kepada masyarakat.

“Per Maret tiket masih promo dari Rp15.000 turun menjadi Rp10.000. Tentu penumpangnya ada yang naik. Mudah-mudahan lewat sosialisasi dan promo ini masyarakat bisa memanfaatkan transportasi ini untuk aksesibilitas dari dan ke bandara sampai Klaten,” paparnya kepada Solopos.com, Selasa (10/3/2020).

Demam Berdarah Merenggut Nyawa 4 Anak Di Klaten

Eko Purwanto menjelaskan masih banyak masyarakat yang penasaran menjajal KA ini meski sudah berbayar. Meskipun begitu, penumpang pesawat terbang yang memanfaatkan transportasi ini juga tak bisa dibilang sedikit.

PT KAI bakal mengevaluasi lagi operasional KA bandara Solo setelah sebulan jalan dengan tarif. Hal ini termasuk tarif KA bandara yang ditetapkan PT KAI senilai Rp15.000.

Saat Masih Gratis Penumpang 1.600-An Per Hari

“Apakah tarif promo Rp10.000 diperpanjang, nanti kami lihat dulu. Sebenarnya Rp15.000 sudah cukup terjangkau,” jelasnya.

Terkuak! Begini Cara Virus Corona Berkembang Biak

Diberitakan sebelumnya, jumlah penumpang KA bandara Solo turun setelah PT KAI memberlakukan tarif per 1 Maret 2020. Sebelumnya selama sekitar dua bulan tiket AK bandara gratis.

Kepala Stasiun KA Bandara, Helly Indrayanto, mengatakan penumpang KA bandara Solo sekarang ini didominasi penumpang pesawat. Meskipun demikian, masih ada masyarakat yang menggunakan KA tersebut.

“Kalau hari biasa sekarang 100-150 penumpang/hari. Sedangkan saat akhir pekan melonjak menjadi 250-300 penumpang per hari,” katanya kepada Solopos.com, Selasa.

Kata Suprapto, Sri Penunggu Waduk Lalung Karanganyar Punya 4 Mobil Mewah

Helly menjelaskan paling banyak penumpang naik KA bandara pada pukul 09.36 WIB sampai pukul 17.06 WIB. Saat KA bandara masih gratis pada Januari - Februari 2020, PT KAI mencatat load factor sekitar 80%.

Volume penumpang paling penuh atau mencapai 100% pada trip mulai pukul 07.38 WIB dari stasiun di Bandara Adi Soemarmo hingga sore hari. Rata-rata penumpang setiap harinya mencapai 1.600-an orang yang naik KA bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya