SOLOPOS.COM - Pengunjung berdatangan ke Alun-alun Utara Keraton Solo untuk menonton Pasar Malam Sekaten 2022 pada hari pertama dibuka, Jumat (16/9/2022). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pengunjung Pasar Malam Sekaten Solo mengeluhkan tarif parkir kendaraan, terutama sepeda motor, yang dianggap terlampau mahal. Mereka ada yang diminta membayar Rp3.000 sekali parkir, tapi ada juga yang sampai Rp5.000.

Hal itu menjadi catatan pada penyelenggaraan pasar malam yang baru memasuki hari ketiga, Minggu (18/9/2022). Berdasarkan penelusuran Solopos.com, pengunjung membayar tarif parkir Rp3.000 untuk parkir di kawasan Alun-alun Utara (Alut) sedangkan pengunjung yang parkir di Alun-alun Kidul (Alkid) diminta membayar Rp5.000.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kawasan Alut dipakai untuk stan-stan pedagang serta wahana permainan. Sedangkan Alkid untuk panggung hiburan. Di sisi lain, pengendara roda empat mengeluh kesulitan untuk mencari tempat parkir.

Tiasa, salah satu pengunjung Pasar Malam Sekaten di Alkid Keraton Solo, kepada Solopos.com, Minggu (18/9/2022), menjelaskan pengalamannya diminta membayar ongkos parkir yang dianggapnya terlalu mahal untuk roda dua.

Pria berusia 27 tahun ini menyebut harus membayar Rp5.000 untuk bisa parkir, padahal pengurus parkir menggunakan seragam lengkap. “Masa parkir bayar Rp5.000, kan ya larang tenan, biasanya enggak semahal ini. Tapi ya mungkin karena ada pasar malam jadi mahal,” keluhnya.

Baca Juga: Pernah Kecopetan sampai Anak Hilang di Sekaten Solo, Warga Curhat ke Gibran

Maulana, yang juga ditemui Solopos.com di Alkid mengeluhkan hal yang sama. Ia mengaku diminta membayar Rp5.000 untuk satu kali parkir sepeda motor. Namun, ia menceritakan tidak semua rata membayar Rp5.000, ada juga yang membayar Rp3.000 untuk parkir motor.

Tanggapan Dishub

“Saya ditariki Rp5.000 tadi, cuman teman saya yang parkir agak ke dalam, bayarnya lebih murah, cuman suruh bayar Rp3.000,” jelasnya.

Sementara itu, Arizky, pengunjung Pasar Malam Sekaten Solo yang ditemui Solopos.com di Alut mengaku harus membayar Rp3.000 untuk parkir di samping kiri Alut. Meski demikian, ia mengaku memaklumi tarif tersebut karena momentum pasar malam.

Baca Juga: Baru Dibuka, Pasar Malam Sekaten Solo Langsung Diserbu Pengunjung

“Saya bayar Rp3.000 buat parkir di dekat gerbang Keraton situ. Memang agak mahal dan ketoke tidak sesuai dengan [aturan] tarif [parkir motor]. Tapi ya wajar karena lagi Sekaten, yauda gapapa, penting kendaraan aman dan helm enggak ilang,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Yulianto Nugroho, menjelaskan tarif parkir di sekitar Alut semestinya tidak berbeda dengan tarif di tempat lain karena dikelola Dishub.

Namun, untuk parkir di Alkid berbeda karena di bawah pengelolaannya di bawah Keraton Solo. “Untuk tarif parkir mestinya sama, motor Rp2.000 dan mobil Rp3.000. Tetapi memang untuk Alkid tarif parkirnya langsung dari Keraton jadi mungkin berbeda,” ulasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya