SOLOPOS.COM - Tarif ojek online direncanakan naik pada 29 Agustus 2022 mendatang. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, SOLO — Tarif layanan transportasi roda dua berbasis aplikasi online (ojek online) diproyeksikan akan naik. Lantas bagaimana dengan tarif antar barang ojol?

Sebelumnya tarif ojol dijadwalkan naik setelah terbitnya Keputusan Menteri Perhubungan (KM) No.KP 564/2022 pada 4 Agustus 2022. Namun rencana tersebut diundur pada 29 Agustus nanti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lantas, bagaimana nasib layanan pengiriman barang atau makanan dan minuman seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood, maupun GoSend?

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Suharto mengatakan pengaturan tarif terkait dengan ojek online bagi penumpang berada di bawah naungan kementeriannya.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, tarif untuk layanan pengiriman barang serta makanan-minuman seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood, maupun GoSend berada di bawah naungan kementerian lain.

“Kita hanya [mengatur] tarif penumpang ojol sedangkan untuk food ada di Kominfo,” katanya, Kamis (11/8/2022) seperti dilansir Bisnis.

Baca Juga: Yuk, Cicipi Lezatnya Beragam Kuliner Khas Solo dalam Festival Kuliner Gojek

Saat ini, Kemenhub menyatakan bahwa penyesuaian tarif yang dilakukan pada layanan berbasis aplikasi online baru pada ojek online roda dua. Hal tersebut karena layanan ojek online berada di bawah naungan Kemenhub.

Layanan transportasi berbasis aplikasi online yang juga diatur oleh Kemenhub yakni transportasi roda empat atau mobil seperti GoCar, GrabCar, atau taksi online.

Akan tetapi, tarif layanan tersebut diatur dalam regulasi lain yakni Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No.118/2018 tentang Angkutan Sewa Khusus. Untuk itu, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menegaskan bahwa saat ini penyesuaian tarif baru akan diterapkan pada layanan ojek online roda dua. “Saat ini hanya [tarif] ojol roda dua untuk penumpang yang disesuaikan,” terang Adita.

Baca Juga: Pekerja Gig di Antara Tekanan Platform dan Kepuasan Konsumen

Layanan pengiriman instant memang menjadi andalan banyak orang saat ini karena barang dapat sampai dalam hitungan jam saja salah satunya Gosend.

Layanan antar barang ojol GoSend jadi pilihan karena tarifnya disebut murah cek tarif Gojek dapat dilakukan lewat aplikasi sekaligus saat pemesanan layanan sehingga jauh lebih mudah dilakukan.

GoSend memberikan tarif layanan yang pasti karena semua biayanya akan muncul diaplikasi sehingga lebih transparan. Memang tarif GoSend per km yang terjangkau menjadi daya tarik terutama untuk pengiriman barang dalam maupun antar kota.

Namun GoSend hanya memiliki jarak maksimal pengiriman 40km sehingga termasuk pendek. Berbeda dengan ekspedisi lain yang bisa antar pulau, GoSend maksimal hanya dapat digunakan untuk kiriman antar kota.

Namun mengingat cakupan areanya lebih sempit secara otomatis tarif yang ditawarkan akan jauh lebih terjangkau. Agar lebih akurat Anda bisa cek tarif GoSend tanpa aplikasi maupun langsung melalui Gojek saat akan menggunakan layanannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya