SOLOPOS.COM - Suasana arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Tarif 30 ruas jalan tol akan naik pada tahun ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan pihaknya telah mengajukan rencana penyesuaian tarif sejumlah ruas tol ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nantinya, keputusan terkait penyesuaian tarif tol diterbitkan dalam Peraturan Menteri (Permen) PUPR.

“Kalau di tahun ini cukup banyak lebih dari 30 ruas kira-kira yang mengalami tariff adjusment,” ujar Danang di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Informasi yang diterima Bisnis.com, ruas jalan tol yang akan mengalami kenaikan pada kuartal II/2022 yaitu adalah Jalan Tol Soreang-Pasir Koja dan Jalan Tol Pandaan-Malang.

Danang Parikesit mengatakan kenaikan tarif yang akan diterapkan pada kedua ruas tol tersebut akan disesuaikan dengan inflasi di dalam negeri.

Baca Juga: Terus Bertambah, Ini Total Panjang Jalan Tol Beroperasi Selama 44 Tahun

“Kita kan relatif rendah kemarin [inflasi], terakhir mungkin ada stagflasi sedikit tapi tergantung inflasi di daerah masing-masing, kalau tolnya di Jawa Timur, di kabupaten mana, kita menunggu data yang diterbitkan BPS,” ungkap dia.

Sepanjang kuartal I/2022, ruas jalan tol yang mengalami kenaikan tarif yakni Tol Dalam Kota, Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Jakarta -Bogor-Ciawi, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jalan Tol Cikampek-Palimanan, Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 1&2.

Selain itu, Jalan Tol Pondok Aren-Serpong, Jalan Tol Gempol-Pandaan (IC Gempol-IC Pandaan-Pandaan), Jalan Tol Jalan Tol Tangerang-Merak, Jalan Tol Soreang-Pasir Koja, dan Jalan Tol Pandaan-Malang.

“Kami bertahap nanti, kita evalausi, kita pastikan soal SPM, apalagi di dalam UU itu kan yang baru, amendemen kemarin ditekankan betul dari DPR bahwa SPM harus jadi peehartian buat kita, jadi pemantauan SPM akan lebih ketat,” ungkapnya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Siap-Siap! Tarif 30 Ruas Tol Bakal Naik Tahun ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya