SOLOPOS.COM - Cabup nomor urut 1, Sri Mulyani, bertemu dengan warga PDIP Klaten di Karangnongko, Senin (30/11/2020). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Ribuan saksi PDIP Klaten siap diterjunkan guna mengawal pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di Pilkada 2020.

Ribuan saksi tersebut telah mengikuti pembekalan di bawah instruksi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Klaten sekaligus calon bupati (cabup) nomor urut 1, Sri Mulyani.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wakil Sekretaris Bidang Internal DPC PDIP Klaten, Hendry Gunawan, mengatakan ribuan saksi PDIP Klaten bakal disebar di 26 kecamatan di Klaten.

PLN Jamin Listrik Lancar hingga Penghitungan Suara Pilkada Klaten Kelar

Nantinya, setiap tempat pemungutan suara (TPS) terdapat minimal satu saksi. Di Klaten terdapat 2.550 TPS.

"Pembekalan terhadap saksi di seluruh kecamatan di Klaten sudah dilakukan. Semua didatangi Ibu Sri Mulyani langsung. Jumlah saksi milik PDIP ini sangat banyak. Jumlahnya mencapai ribuan orang. Intinya di setiap TPS, pasti ada saksi dari kami," kata Hendry Gunawan, kepada Solopos.com, Kamis (3/12/2020).

Hendry Gunawan mengatakan seluruh saksi yang telah disiapkan PDIP Klaten dalam kondisi prima dan terbebas dari Covid-19. Masing-masing saksi sudah menjalani tes swab dengan hasil negatif Covid-19, dalam beberapa hari terakhir.

"Pembekalan saksi kali terakhir berlangsung di Kecamatan Karangnongko, 30 November 2020. Saksi yang kami pilih rata-rata memiliki kemampuan di bidang teknologi informasi," katanya.

Wow! Pemohon di Klaten Bisa Pencetakan Mandiri KK dan Akta

Hendry Gunawan mengatakan seluruh saksi yang akan bekerja di TPS diwajibkan menaati protokol kesehatan. Hal paling penting, yakni memakai masker, menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan pakai sabun.

"Di setiap pembekalan, Ibu Sri Mulyani selalu berpesan ke seluruh saksi agar menaati protokol kesehatan. Selain itu, masing-masing diwajibkan mengamankan suara dan tak mudah terpengaruh oleh orang lain," katanya.

Target Perolehan Suara 80 Persen

Sementara itu, Sri Mulyani mengaku optimistis dapat memenangi Pilkada Klaten 2020. Sejauh ini, dirinya dan Yoga Hardaya selaku calon wakil bupati (cawabup) nomor urut 1 telah rutin menemui para pendukung dan simpatisannya di 26 kecamatan di Klaten.

"Kami optimistis dapat menang di Pilkada 2020. Target perolehan suara mencapai 80 persen," kata Sri Mulyani.

Hiburan di Tengah Pandemi, Cabup Klaten Sri Mulyani Sapa Pemancing di Kali Glogok

Di Pilkada Klaten 2020, paslon Sri Mulyani-Yoga Hardaya (Mulyo) bertarung dengan dua paslon lainnya. Yakni paslon nomor urut 2, One Krisnata-Muhammad Fajri (ORI) dan paslon nomor urut 3, Arif Budiyono (ABY)-Harjanta (HJT).

Sesuai jadwal, pemungutan dan penghitungan suara dilangsungkan 9 Desember 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya