SOLOPOS.COM - Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun (kiri), berbincang dengan Menpora Zainudin Amali. (Antara/HO-Kemenpora)

Solopos.com, SOLO—Ketua NPC Indonesia yang juga penanggung jawab prestasi Indonesia dalam ASEAN Para Games  (APG) 2022, Senny Marbun kontingen Indonesia mengincar target juara umum.

Senny mengatakan Indonesia langsung menggelar pelatnas. Pemusatan latihan itu selain untuk menghadapi APG 2022 di Solo juga untuk Asian Para Games China.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Setelah Paralimpiade Tokyo 2020, sesuai dengan arahan dari Menpora Zainudin Amali, NPC langsung memanggil atlet untuk menggelar pelatnas. Pemanggilan atlet itu didasari untuk menjalankan pelatnas guna tampil di ASEAN Para Games dan Asian Para Games China. Dengan persiapan Atlet yang matang, saya optimis Indonesia akan bisa juara umum di ASEAN Para Games 2022,” ucap Senny dalam Rapat Koordinasi bersama Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6).

Baca Juga: Perlombaan Renang APG Batal di Karanganyar, Pindah ke Semarang

Senny menambahkan perjuangan Indonesia di APG nanti tidak akan mudah mengingat Thailand akan mengirimkan banyak atlet. Namun, untuk menjaga asa menjadi juara umum, NPC akhirnya memutuskan menggelar pelatnas mandiri untuk menambah kuota atlet.

“Setelah perhitugan kuota sesuai entry by names, Thailand mengirimkan 312 atlet sedangkan Indonesia hanya 210 atlet. Untuk mencapai target juara umum NPC Indonesia mengambil kebijakan penambahan 111 atlet dengan pelatnas mandiri,” kata Senny.

Pada rakor tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mencanangkan tiga target utama dalam APG 2022. “Kita harus sukses dalam tiga hal yakni sukses sebagai tuan rumah, sukses prestasi dan sukses dalam administrasi. Selain itu bagi tingkat provinsi juga harus sukses mendongkrak ekonomi kerakyatan,” harap Zainudin Amali.

Baca Juga: Waduh! Kolam Renang Intanpari Karanganyar Batal Jadi Venue APG 2022

ASEAN Para Games ke-11 berlangsung di Solo pada 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang bakal diikuti oleh 1.283 atlet dari 11 negara. Thailand menjadi negara dengan kontingen terbanyak 312 atlet diikuti Indonesia 321 atlet, Filipina 144, Vietnam 126, Kamboja 113, Malaysia 89, Myanmar 69, Singapura 44, Laos 37, Brunei Darussalam dan Timor Leste masing-masing 15 atlet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya