Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Tantu Panggelaran, Asal Muasal Pulau Jawa dan Paku Gunung Semeru 

Tantu Panggelaran, Asal Muasal Pulau Jawa dan Paku Gunung Semeru 
user
Selasa, 24 Mei 2022 - 18:09 WIB
share
SOLOPOS.COM - Relawan melintas saat Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran melalui bukaan aliran lava baru di Desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (21/12/2021). Pusat Riset Aplikasi Penginderaan Jauh Lapan - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mencatat Gunung Semeru mengalami perubahan bentuk di wilayah kawah hingga lereng bagian tenggara akibat aktivitas vulkanik berupa luncuran awan panas guguran. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa.

Solopos.com, LUMAJANG — Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur menjadi tempat yang sakral bagi umat Hindu karena sebagai tempat bersemayamnya dewa-dewa, sesuai Kitab Tantu Panggelaran yang menganggapnya sebagai paku saat penciptaan Pulau Jawa. Pada Selasa (24/5/2022), terdakwa kasus penendangan sesajen di area erupsi Gunung Semeru dituntut hukuman 7 bulan kurungan penjara dan denda Rp50 juta.

Dalam sidang yang digelar daring tersebut, terdakwa Hadfana Firdaus didakwa Pasal 145 Ayat 2 undang-undang informasi dan transaksi elektronik (ITE), karena dengan sengaja menyebar video penendangan sesajen yang menimbulkan kegaduhan masyarakat. Dalam serangkaian persidangan yang telah dijalani, hal yang memberatkan terdakwa salah satunya adalah perbuatannya telah membuat gaduh dan meresahkan masyarakat di Lumajang.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya
Ekspedisi Mudik 2024

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN