SOLOPOS.COM - KGPAA Mangkunagoro X melayani permintaan foto bersama seusai prosesi Jumenengan Dalem di Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (12/3/2022). (Solopos-Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Dalam acara penobatan atau jumenengan penguasa Pura Mangkunegaran pada Sabtu (12/3/2022), Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunagoro X mengatakan Pura Mangkunegaran telah melalui perjalanan sejarah yang penuh pasang surut dan kini mengemban peran sebagai pusat kebudayaan Jawa.

Pura Mangkunegaran sebagai bagian penting warisan Dinasti Mataram Islam masih bertahan hingga era modern kiwari karena keluarga Pura Mangkunegaran dan para abdi dalem selalu berpegang teguh pada prinsip hanebu sauyun, bersatu teguh dalam kebinekaan bak serumpun tebu yang tumbuh subur.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Pura Mangkunegaran dengan semangat hanebu sauyun tetap mampu bertahan hingga saat ini sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa, sastra, dan falsafah bangsa. Menurut Mangkunagoro X—yang sebelum dinobatkan bernama Gusti Pangeran Haryo (G.P.H.) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo—pada hakikatnya ikatan antara manusia dengan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Hanebu Sauyun Berdayakan Pura Mangkunegaran sebagai Pusat Kebudayaan.

Lelaki pasien berusia 57 tahun dengan penyakit jantung yang membuat sejarah sebagai orang pertama yang menerima jantung babi yang dimodifikasi secara genetik, David Bennett, Sr., meninggal dunia pada 8 Maret 2022.

Ia hanya bertahan kurang lebih dua bulan setelah operasi transplantasi jantung babi yang telah dimodifikasi secara genetik. Laman www.medschool.umaryland.edu menginformasikan Bennett menerima transplantasi jantung babi termodifikasi pada 7 Januari 2022 dan bertahan selama dua bulan setelah operasi. Kisah lengkap tersaji di Lelaki Penerima Transplantasi Jantung Babi Hanya Bertahan Dua Bulan.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana bertolak menuju Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022), untuk mengunjungi titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan berencana bermalam di lokasi tersebut pada Senin (14/3/2022). Presiden Jokowi akan memimpin ritual Kendi Nusantara pada Senin bersama 34 gubernur di Indonesia.

Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden melalui keterangan pers menjelaskan Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 13.00 WIB, Minggu (13/3/2022). Penjelasan lengkap tersaji di Presiden Pimpin Ritual Kendi Nusantara Sambil Berkemah di IKN Nusantara.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendukung pengembangan energi baru dan terbarukan atau EBT di destinasi wisata alam di desa-desa sebagai wahana edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli dalam pemanfaatan energi tersebut.

”Yang sudah berhasil mengembangkan EBT untuk wisata edukasi di Jawa Timur adalah di Trawas,” kata Emil pada Webinar Policy Paper Mendorong Upaya Pemanfaatan PLTS dan PLTMH sebagai Sarana Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Malang pada  Jumat (11/3/2022). Duduk perkara bisa dibaca di Destinasi Wisata Strategis Diberdayakan untuk Edukasi Pengembangan EBT.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya