SOLOPOS.COM - Pemain PSIS Semarang, melakukan selebrasi meluapkan kegembiraan seusai membobol gawang Arema FC saat laga terakhir fase Grup A pada Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/3/2021). Pertandingan tersebut berakhir 3-2 kemenangan untuk PSIS Semarang. (Nicolous Irawan/Solopos)

Solopos.com, SOLO—PSIS Semarang memastikan diri lolos ke babak delapan besar usai menghajar Arema FC 3-2 dalam laga pamungkas Grup A Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/3/2021) malam.

PSIS mengikuti jejak Barito Putera yang sebelumnya sudah mengamankan tiket ke babak selanjutnya setelah bermain imbang 2-2 kontra Persikabo 1973, sore harinya.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Hasil tersebut membawa PSIS menjadi pemuncak klasemen grup dengan tujuh poin dari tiga laga. Mahesa Jenar sekaligus menjadi tim terproduktif turnamen sejauh ini meski tanpa pemain asing.

Baca Juga: Resmi Dikukuhkan, OASIS Diharap Memberikan Kontribusi Nyata Bagi Alumni Dan Prodi

Ekspedisi Mudik 2024

Mengandalkan pemain muda, Hari Nur Yulianto dkk. sukses menjaringkan sembilan gol dari tiga laga.

Artinya PSIS mencetak tiga gol dalam setiap laga. Namun pertahanan Mahesa Jenar masih punya PR karena kebobolan enam gol dari tiga pertandingan.

“Saya bahagia karena bisa beri kesempatan pemain muda bermain. Tim ini telah menunjukkan penuh spirit, saya mencintai klub ini,” ujar Pelatih PSIS, Dragan Djukanovic, dalam jumpa pers virtual usai pertandingan.

Baca Juga: Menguak Sejarah Persis Solo, Kolaborasi Dengan Muhammadiyah Hingga Aksi Solidaritas

Menatap Liga

Sementara itu, Bagi Arema, kekalahan dari Mahesa Jenar membuat mereka angkat koper lebih dini dari turnamen pramusim dengan status juru kunci Grup A.

Singo Edan hanya mampu memetik satu poin dari tiga laga babak penyisihan. Hasil tersebut tentu mengecewakan mengingat mereka digadang-gadang mampu melenggang ke babak selanjutnya.

“Yah, bola itu bundar. Di Piala Menpora semua kemungkinan bisa terjadi. Ternyata sekarang hasil kurang memuaskan bagi kami. Namun kami siap untuk menatap hal lebih baik di liga nanti,” ujar gelandang Arema, Hanif Sjahbandi.

Baca Juga: Siap-Siap, Sekitar 130 Pemain Bakal Ikut Seleksi Persis Solo

Arema yang butuh kemenangan sejatinya memulai laga dengan baik ketiga unggul di menit kesembilan via Dedik Setiawan. Namun PSIS menyamakan kedudukan melalui Komarudin beberapa detik jelang jeda.

PSIS membuat Arema deg-degan setelah Pratama Arhan merobek gawang Utam Rusdiyana lewat tendangan bebas cantik di menit 62. Sempat menghidupkan asa setelah Dedik kembali mencetak gol di menit ke-67 dan menyamakan kedudukan 2-2, Arema tertunduk usai Riyan Ardiyansah mencetak gol di menit ke-90.

“Gol free kick PSIS membuat kami drop,” ujar Pelatih Arema, Kuncoro.

Baca Juga: Perusahaan Multinasional Hingga E-Commerce Siap Jadi Sponsor Persis Solo

Sementara itu Barito Putera bersuka cita meski hanya imbang 2-2 kontra Persikabo. Tambahan satu poin membuat Barito aman di posisi kedua dengan lima angka.

Capaian itu makin spesial karena berbarengan dengan ulang tahun ke-61 pelatih mereka, Djajang Nurjaman.

“Hari ulang tahun saya bersamaan dengan kelolosan Barito Putera, ini jadi berkah tersendiri. Saya mengapresiasi kerja pemain yang punya keinginan kuat untuk lolos. Dua kali tertinggal tapi tidak patah arang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya