SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran di Pertamina RU IV Cilacap. (Twitter-@fikif4rdan)

Solopos.com, CILACAP — Kebakaran yang melanda area Kilang Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (13/11/2021) malam, rupanya berasal dari salah satu tangki. Tangki yang terbakar itu berisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite.

Sekretaris Perusahaan PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya, mengatakan saat ini pihaknya masih berupaya melakukan pemadaman kebakaran di Kilang Pertamina Cilacap itu.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Kebakaran mulai sekitar pukul 19.20 WIB, terjadi di sebuah tangki berisi produk Pertalite,” ujar Ifki dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Tangki Kilang Pertamina Cilacap Kebakaran, 80 Warga Diungsikan

Ifki mengaku saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Meski demikian, upaya pemadaman dilakukan secara intensif dengan menggunakan high capacity foam monitor pada tangki berisi Pertalite, yang juga dikenal sebagai BBM sejuta umat itu.

“Sedangkan untuk tangki di sekitar dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran,” imbuhnya.

Pertamina saat ini juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman. Untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, akan dilakukan evakuasi untuk memindahkan masyarakat ke area yang lebih aman.

Total ada sekitar 80 warga yang tinggal di Kelurahan Lomanis, atau lokasi yang berdekatan dengan Kilang Pertamina RU IV yang diungsikan. Mereka diantar ke tempat pengungsian sementara yang ada di Aula Kelurahan Lomanis dan Masjid Baitul Munir, Lomanis.

Baca juga: Kilang Pertamina Cilacap Kebakaran, Diduga Tersambar Petir

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki 228 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya