Tanggul Sungai Jebol, Desa di Kudus Tergenang Banjir

Sejumlah desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Dawe akibat hujan lebat pada Selasa (30/11/2021) dini hari.
Tanggul Sungai Jebol, Desa di Kudus Tergenang Banjir
SOLOPOS.COM - Sejumlah warga Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membersihkan sampah pasca-dilanda banjir bandang, Senin (29/11/2021). (Solopos.com/Antara)

Solopos.com, KUDUS — Bencana banjir kembali melanda Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng). Kali ini banjir melanda daerah di Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, akibat tanggul Sungai Dawe yang jebol, Selasa (30/11/2021) dini hari WIB.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Budi Waluyo, jebolnya tanggul Sungai Dawe yang ada di Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, itu terjadi pada Selasa dini hari, sekitar pukul 00.15 WIB.

Tanggul Sungai Dawe jebol akibat tak mampu menampung debit air yang meningkat tajam akibat turunnya hujan deras. Alhasil, tanggul dengan panjang 15 meter jebol dan membuat permukiman warga dan jalan utama desa tergenang.

Baca juga: Banjir Kudus Belum Hilang Meski Sudah 2 Pekan, 632 Warga Masih Mengungsi

Selain di Desa Golantepus, banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Dawe di Kudus itu juga melanda Desa Mejobo dan Desa Temulus. Banjir yang terjadi setelah hujan turun itu mengakibatkan rumah warga dan jalan desa di Mejobo tergenang. Selain Desa Mejobo, warga di Desa Temulus juga tergenang banjir.

Menurut Anggota DPRD Kudus, Sadiyanto, yang tinggal di Desa Mejobo, drainase yang sudah lama mengalami pendangkalan memperparah banjir yang terjadi saat hujan deras turun. “Saya sendiri sudah mengusulkan adanya pemeliharaan saluran melalui pandangan fraksi-fraksi saat sidang paripurna DPRD Kudus dengan harapan airnya bisa mengalir dengan lancar,” katanya, dikutip Antara, Selasa.

“Kenyataannya, karena salurannya dangkal sehingga debit air yang tinggi mengakibatkan banjir. Terlebih hari ini dikabarkan ada tanggul sungai yang jebol,” imbuhnya. Ia pun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus segera mengatasi penyebab banjir di Desa Mejobo dan daerah sekitarnya.

Baca juga: Penipuan Modus Gendam di Semarang Diungkap, Korban Rugi Rp3 Miliar

Sebelumnya banjir juga melanda Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Total ada sekitar 62 rumah warga dan satu tempat wisata, yakni Sendang Dewot, yang diterjang banjir bandang pada Senin (29/11/2021).

 


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago