SOLOPOS.COM - Pintu masuk jalur pendakian Gunung Lawu via Cemara Kandang, Tawangmangu, sebelum penerapan PPKM Darurat beberapa waktu lalu. (Istimewa/ Sukarelawan)

Solopos.com, KARANGANYAR — Rencana pembangunan anak tangga menuju ke puncak Gunung Lawu oleh Pemkab Karanganyar dimulai pada tahun ini. Infrastruktur ini dibuat untuk mencegah pendaki tersesat.

Kabarnya, anak tangga itu akan dibangun sampai ke puncak gunung setinggi 3.265 mdpl. Peletakan batu pertama proyek tersebut dilakukan pada 17 Agustus 2018.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembangunan tersebut merupakan proyek corporate social responsibility (CSR) perusahaan dan perorangan yang peduli terhadap Gunung Lawu. Jika proyek ini terwujud, maka anak tangga di Gunung Lawu itu diklaim menjadi yang pertama di dunia.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan anak tangga sampai ke puncak gunung yang hendak dibangun di gunung bernama asli Wukir Mahendra itu adalah yang pertama di dunia.

Proyek yang rencananya dimulai pada 2018 itu mangkrak akibat pandemi Covid-19. Akan tetapi dalam waktu dekat Pemkab Karanganyar akan merealisasikan proyek tersebut.

Baca juga: Tangga ke Gunung Lawu Dibangun Agar Tak Ada Pendaki Tersesat

Yuli, sapaan akrab Bupati Karanganyar, menggambarkan tangga yang akan dibuat sampai ke puncak Gunung Lawu tidak menggunakan bahan semen. Tetapi memanfaatkan batu alam yang ditata sedemikian rupa.

Pembangunan tangga ini juga sangat berhati-hati agar tidak merusak lingkungan. Nantinya pembangunan infrastruktur ini akan menggandeng sukarelawan serta aktivis pencinta alam.

“Ini [tangga ke puncak Gunung Lawu] bisa menyelamatkan banyak orang. Tidak ada lagi yang tersesat saat mendaki Lawu,” tuturnya ketika dijumpai wartawan di Gedung DPRD Karanganyar pada Rabu (22/6/2022).

Baca juga: Misteri Hargo Dalem Gunung Lawu, Tempat Paling Sakral di Tanah Jawa

Rencananya tangga menuju puncak gunung itu dibuat sepanjang 12 kilometer dari pos pendakian Gunung Lawu melalui Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu.

Tangga Gunung Lawu itu nantinya dibuat menyusuri jalur pendakian yang sudah ada dilengkapi lampu penerangan, sehingga tidak akan merusak alam yang ada di sana.

“Tangga dibuat dengan bebatuan. Batu-batu di sekitar lokasi. Jadi tidak akan merusak alam,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya