SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KLATEN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten merintis Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk mengatasi berbagai macam kemungkinan ancaman bencana di Klaten. Pembentukan TRC diawali dengan pemberian pelatihan penanganan darurat bencana kepada 50 relawan selama tiga hari berturut-turut dari Selasa-Kamis (22-24/10/2013).

Kepala BPBD Klaten, Sri Winoto, mengungkapkan pelatihan ini digelar mengingat Klaten merupakan daerah rawan bencana di Jawa tengah dengan nomor urut ke empat. “Kondisi rawan bencana di Klaten itu seperti longsor, angin puting beliung, hingga erupsi Gunung Merapi,” paparnya saat ditemui wartawan di Kolam Ponggok Baru, Ponggok, Polanharjo, Kamis.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan 50 orang yang mengikuti pelatihan berasal dari berbagai macam relawan, di antaranya Komunitas Tanggap Bencana (KTB), PMI Klaten dan komunitas relawan di Lereng Merapi. Pelatihan tersebut bekerja sama dengan SAR Klaten. Pelatihan digelar di BPBD Klaten pada Selasa-Rabu dengan materi pertolongan pertama gawat darurat dan pemadaman kebakaran secara manual.

Sedangkan, pada Kamis pelatihan digelar di Kolam Ponggok Baru, Ponggok, Polanharjo dengan materi penyelamatan di dalam air. Dalam pelatihan kemarin, peserta diajari tentang cara berenang yang benar dan mengevakuasi korban yang tenggelam.

“Dengan demikian, peserta bisa mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan saat mengevakuasi korban. Nantinya, 50 orang yang dilatih ini diharapkan bisa menjadi embrio lahirnya TRC di Klaten,” ungkapnya.
Pelatihan diakhiri dengan berjalan kaki menempuh jarak 16 Kilometer dari Kolam Ponggok Baru menuju kantor BPBD Klaten mulai pukul 16.00 WIB, Kamis. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, BPBD menyiapkan satu unit mobil ambulance. Peserta yang lulus akan diberi sertifikat pelatihan dari BPBD Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya