Tanggal 13 Hari Jumat Sarat Cerita Mitos, Ini Menurut Ajaran Islam

Bagaimana agama Islam memandang mitos tanggal 13 di hari Jumat yang sarat cerita mitos kutukan dan kesialan?
SHARE
Tanggal 13 Hari Jumat Sarat Cerita Mitos, Ini Menurut Ajaran Islam
SOLOPOS.COM - Kalender tanggal 13 Mei 2022. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Bagaimana menurut ajaran Islam terkait mitos kesialan dan kutukan yang berkembang di masyarakat tentang tanggal 13 di hari Jumat?

Seperti diketahui, hari ini, Jumat menunjukkan tanggal 13 Mei 2022. Tanggal 13 di hari Jumat kerap dikaitkan dengan kesialan dan kutukan. Ternyata kepercayaan ini sudah ada sejak abad ke-12.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, angka 13 di hari Jumat yang membawa sial membuat beberapa negara, seperti di China dan Amerika Serikat menghindari angka ini, baik untuk lantai di gedung maupun nomor rumah. Mitos angka 13 di hari Jumat ini bermula dari peristiwa Perjamuan Terakhir Yesus yang hanya dihadiri 13 orang dan semuanya meninggal dunia.

Baca Juga:  Besok Tanggal 13 Hari Jumat, Apakah Mitos Ini Masih Dipercaya?

Seperti dikabarkan situs Muslim.or.id, kepercayaan angka 13, terutama di hari Jumat yang dikaitkan dengan kutukan dan kesialan tidak dibenarkan dalam Islam.

Hal tersebut hanya takhayul yang tak dibenarkan. Bahkan menurut pendapat Abdullah bin Mas’ud, percaya mengenai kesialan adalah bentuk perbuatan syirik. Percaya akan kesialan disebut pula dengan thiyarah.

Baca Juga: Benarkah Nonton Film di Bioskop Haram? Ini Hukumnya Menurut NU

Rasulullah pernah bersabda, yang artinya, “Tidak ada penyakit menular dengan sendirinya dan tidak ada anggapan sial.”

Dalam Al-Qur’an dikisahkan Fir’aun menganggap sial karena adanya Nabi Musa. Akan tetapi, dibantah bahwa kesialan atau ketetapan buruk adalah merupakan takdir Allah.

Baca Juga: Akhirnya Terjawab, Ini Kepanjangan MD dalam Nama Mahfud MD

“Kemudian apabila datang kepada mereka kemakmuran, mereka berkata: ‘Itu adalah karena (usaha) kami”. Dan jika mereka ditimpa kesusahan, mereka lemparkan sebab kesialan itu kepada Musa dan orang-orang yang besertanya. Ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari Allah, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui,” (QS Al A’raf ayat 131).



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago