SOLOPOS.COM - Ilustrasi berjualan tanaman hias di mal. (Facebook.com-Hartono Mall Solo)

Solopos.com, JAKARTA — Di tengah pandemi virus corona jenis baru yang kian menggerogoti bisnis dalam negeri, beberapa sektor justru mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Salah satu peluang bisnis yang justru kinclong saat masa pandemi Covid-19 itu adalah bisnis di bidang agribisnis.

Bukan hanya laris manis di komoditas bahan pangan dan tanaman obat, di Ekosis (platform komunitas dan jual-beli produk agri), jual beli juga meningkat tajam pada komoditas berbasis hobi, seperti tanaman hias, ikan hias, benih ikan, benih buah dan sayur, hingga hewan ternak. Tak heran, sejak dirilis pada bulan September 2019 lalu, pengguna Ekosis meroket hingga 40 ribu pengguna yang tersebar di lebih dari 100 Kabupaten/Kota di 34 Provinsi seluruh Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Felicia Yulie Mills selaku Business Development Ekosis mengatakan pengembang peluang bisnis agribisnis di berbagai bidang, mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan, kehutanan, hingga peternakan, kini dapat mencari partner bisnis dan memasarkan komoditasnya dengan mudah, bahkan sebelum masa panen.

MUI Jateng Minta Kiai Diprioritaskan Vaksinasi Covid-19

“Pembeli tak perlu takut dengan penipuan, sebab Ekosis menjamin keamanan transaksi dengan sistem rekening bersama. Dengan begitu, uang terjamin hingga produk sampai di tangan,” tambah Felicia.

Felicia berharap, dengan memotong rantai distribusi yang panjang, produsen dapat menjual produk dengan harga yang layak, langsung ke end-user. Di sisi lain, konsumen (perusahaan/Industri agri, hotel, restoran, kafe) bisa mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah, sehingga menguntungkan bagi semua pihak.

Tak Dipusingkan Logistik

Pengguna juga tak perlu dipusingkan lagi perihal logistik, sebab jasa pengiriman, pergudangan, hingga cold storage dapat dipilih langsung via aplikasi/website Ekosis.

Waspada! Kata Astrologi Barat Ada 5 Zodiak Penggoda

Bukan hanya menyediakan wadah untuk jual-beli produk agribisnis dalam negeri, Ekosis juga menyediakan Jasa Permodalan untuk memudahkan pengguna mengakses pinjaman pada penyedia yang resmi dan terdaftar di OJK, seperti Investree, Crowdo, dan Asakita.

Pengguna juga dapat terhubung langsung dengan Jasa Manajemen Kualitas (pelatihan & konsultasi) untuk meningkatkan kualitas produk melalui institusi terpercaya, seperti Balai Besar Industri Agro (BBIA), PT. Agro Indah Permata (AIP 21), Balai Penelitian Teknologi Karet (BPTK), dan Global Reliance International (GRI).

Dengan kemudahan akses pasar, logistik, permodalan, sarana prasarana, hingga manajemen kualitas produk, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para pelaku agribisnis di seluruh Indonesia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Terampil Bungkus Kado Bisa Jadi Peluang Bisnis

Peluang Lezat Bisnis Pencuci Mulut Vegetarian

Peluang Bisnis Tanaman Hias di Mal Terbuka

Peluang Bisnis Kuliner Ayam, Bebek, Angsa

Bertahan di Peluang Bisnis Nasi Biryani

Jajal Peluang Bisnis Restoran Virtual

Peluang Bisnis Beanbag Nan Empuk

Peluang Bisnis Air Minum Isi Ulang

Peluang Bisnis Bakso Waralaba

Peluang Bisnis Makanan Beku

Peluang Bisnis Camilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya