SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Tanah Longsor JIBI/Harian Jogja/Reuters

Foto Ilustrasi Tanah Longsor
JIBI/Harian Jogja/Reuters

GUNUNGKIDUL-Jalan cor blok yang menghubungkan antara Dusun Pangkah dan Dusun Pucung, Desa Candirejo, Kecamatan Semin Longsor, Minggu (2/6) malam.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor tersebut namun masyarakat dari kedua dusun harus berputar beberapa kilometer. Terutama siswa sekolah yang setiap hari harus pulang pergi sekolah.

Kepala Desa Candirejo Sukadi mengatakan, jalan cor blok penghubung Dusun Pangkah dan Dusun Pucung ambrol sepanjang sekitar 30 meter dengan kedalaman 7 meter.

Akibatnya akses masyarakat kedua dusun terhambat. “Harus berputar melalui Dusun lain, terutama anak SMPN 3 Semin harus muter 3 kilometer padahal kalau melalui jalan cor blok tidak sampai satu kilometer,” katanya, Senin (3/6).

Menurut Sukadi ambrolnya jalan tersebut akibat hujan deras, intensitas air yang merembes ke tanah sehingga membuat jalan tidak stabil. Dia mengaku sudah melaporkan peristuwa tersebut kepada pemerintah.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Sutaryono mengaku sudah menerima laporan terkait bencana yang memutuskan akses dari kedua dusun di Desa Candirejo tersebut. Pihaknya juga sudah mendatangi lokasi bencana.

Setelah melihat kondisi, kerugian akibat longsor tersebut, kata Sutaryono diperkirakan Rp50 juta. BPBD juga akan memberikan bantuan stimulan.

“Kami akan memberikan bantuan, tetapi sifatnya hanya stimulan saja berupa semen dan pasir. Namun kami juga masih menunggu kesiapan masyarakat untuk berswadaya dan pengerjaannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya