SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Solopos.com)--Rencana pemberian asuransi sosial kepada sekitar 2.300  perangkat desa nonpegawai negeri sipil di Kabupaten Klaten akan mengurangi jatah tambahan penghasilan (Tamsil) yang diterima  mereka setiap bulan.

Hal itu dikemukakan Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia  (PPDI) Klaten, Agus Anggito saat ditemui wartawan di sela-sela  sosialisasi pemberian Jamsostek kepada perangkat desa di RM  Merapi Resto, Kamis (10/11/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Anggito, untuk  mendapatkan empat jaminan sosial yang meliputi jaminan kesehatan, kematian, jaminan hari tua, dan jaminan kecelakaan  membutuhkan dana senilai Rp 98.000/bulan.

Ekspedisi Mudik 2024

Rencananya, dana  tersebut akan diambilkan dari jatah Tamsil senilai Rp 500.000/bulan yang diterima perangkat desa setiap tiga bulan  sekali.

”Memang jatah Tamsil yang kami terima relatif sedikit.  Akan tetapi, jaminan sosial itu sangat kami butuhkan, terutama  jaminan hari tua. Selama ini tidak ada pesangon untuk perangkat  desa yang pensiun,” ujar Anggito.

Bagi perangkat desa yang keberatan menyisihkan uang Rp  98.000/bulan, lanjut Anggito, mereka bisa memilih jenis jaminan  sosial yang berbeda. Menurutnya, para perangkat desa tersebut  bisa menyisihkan uang senilai Rp 48.000/bulan untuk  mendapatkan tiga jaminan sosial yakni kematian, kecelakaan, dan  hari tua.

Ditemui di lokasi yang sama, Kabid Pemasaran Jamsostek Klaten,  Sri Sudarmaji mengatakan perangkat desa sudah pantas  mendapatkan layanan asuransi sosial. Menurutnya, kerja  perangkat desa tidak terikat waktu sehingga tidak lepas dari  ancaman gangguan kesehatan atau kecelakaan kerja.

”Syarat mereka sudah terpenuhi. Ada orang dan ada pekerjaan. Kelembagaannya juga jelas. Jadi, mereka sudah pantas mendapatkan asuransi sosial,” urai Sudarmaji.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya