Solopos.com, SOLO — Grup Nasida Ria tengah jadi perbincangan publik karena mereka tampil di Kassel, Jerman dalam acara Opening Week Music Program Documenta Fifteen. Nasida Ria tampil dengan menyanyikan beberapa lagu andalan seperti Dunia dalam Berita, Perdamaian, Bila Bom Nuklir Diledakkan, Kota Santri dan masih banyak lainnya.

Grup musik kasidah ini dibentuk pada 1975 oleh HM Zain, seorang guru qiraah di Kota Semarang, Jawa Tengah. Ia mengumpulkan sembilan siswanya yaitu Mudrikah Zain, Mutoharoh, Rien Jamain, Umi Kholifah, Musyarofah, Nunung, Alfiyah, Kudriyah dan Nur Ain untuk membuat grup.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Dari Hajatan ke Pentas Dunia, Nasida Ria adalah Fenomena yang Melegenda

Ekspedisi Mudik 2024

Awalnya grup itu merilis lagu dengan lirik bahasa Arab. Namun setelah diberi saran oleh Kiai Ahmad Buchori Masruri, grup ini akhirnya menampilkan lagu-lagu berbahasa Indonesia.

Beberapa lagu dari Nasida Ria yang cukup populer yakni Pengantin Baru, Tahun 2000, Jilbab Putih, Anakku dan Kota Santri. Setelah tahun 2000, grup Nasida Ria mengalami perubahan beberapa anggota karena ada yang sudah keluar dari grup dan ada yang sudah meninggal dunia.

Baca Juga: Nasida Ria Tampil di Jerman, Ternyata Diundang Sejak 2 Tahun Lalu

Kini, Nasida Ria punya 12 personel dengan manajer Choliq Zain, anak dari HM Zain. Bukan hanya lagu yang melekat dengan dakwah Islam, Nasida Ria juga punya lagu yang menyinggung isu-isu keadilan seperti judi, perang, bencana dan pers.

Penampilan di Jerman tentu menambah kaya profil Nasida Ria. Namun jauh sebelum tampil di Jerman, Nasida Ria pernah menghadiri konser di Malaysia untuk merayakan Tahun Baru Islam. Mereka juga pernah tampil di Berlin, Jerman tepatnya di Haus der Kulturen der Welt.

Grup kasidah ini diundang untuk bermain di Die Garten des Islam, sebuah pameran budaya Islam. Setelahnya pada Juli 1996, grup musik kasidah ini kembali ke Jerman untuk menghadiri Festival Heimatklange yang diadakan di Berlin, Mülheim dan Düsseldorf. Kini penampilan Nasida Ria di Jerman merupakan kali ketiga mereka untuk unjuk gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya