Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Tambang Batu Bara di Sawahlunto Meledak, ESDM Selidiki Penyebabnya

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih menyelidiki penyebab meledaknya tambang batu bara di Sawahlunto, Sumatra Barat pada Jumat (9/12/2022) pagi.
SHARE
Tambang Batu Bara di Sawahlunto Meledak, ESDM Selidiki Penyebabnya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi tambang batu bara (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengonfirmasi kebenaran informasi mengenai meledaknya tambang batu bara di Sawahlunto, Sumatra Barat pada Jumat (9/12/2022) pagi. Hingga saat ini, belum diketahui penyebab pasti insiden tersebut.

Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Sunindyo Suryo Herdadi menyebut, Kementerian ESDM masih berupaya mencari penyebab meledaknya tambang batu bara tersebut. “Tim sedang bekerja,” kata Sunindyo Suryo Herdadi seperti dilansir Bisnis, Jumat.

PromosiMesin Baru di Mitsubishi L300 Euro 4: Lebih Bertenaga, Hemat Bahan Bakar

Sunindyo juga mengungkapkan Kementerian ESDM telah mengirim mengirim sejumlah orang ke lokasi kejadian. “Teman-teman inspektur tambang sedang meluncur ke lokasi untuk memastikan penyebab insiden tersebut,” ungkap Sunindyo.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumbar Heri Martinus menyebut bahwa peristiwa ledakan itu terjadi di lokasi tambang yang dikelola oleh PT Nusa Alam Lestari, tepatnya di lubang SD C3 atau lori 2.

Baca Juga: Ditinjau Presiden, Ini Penampakan Rumah Tahan Gempa Milik Yonif Raider 300

Meledak Ledakan ini diketahui terjadi sekitar pukul 08.30 WIB.  “Menurut informasi inspektur tambang, benar terjadi ledakan. Bukan tambang ilegal, tapi dikelola PT Nusa Alam Lestari,” katanya, Jumat (9/12/2022). Badan SAR Nasional (Basarnas) Padang kemudian merilis data adanya 12 orang yang tertimbun akibat ledakan tambang batu bara di pertambangan PT Nusa Alam Lestari, Parambahan, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto tersebut.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Tambang Batu Bara di Sawahlunto Meledak, ESDM Kirim Tim Cari Penyebab.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode