SOLOPOS.COM - Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni memberikan keterangan terkait bertambahnya pasien covid-19 di wilayahnya, Kamis (23/4/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, PONOROGO -- Jumlah kasus Covid-19 di Ponorogo, Jawa Timur, bertambah. Satu warga Ponorogo dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid-19 pada Jumat (24/4/2020).

Sehingga saat ini total pasien positif virus corona di Ponorogo sebanyak sembilan orang. Satu di antaranya sudah dinyatakan sembuh atau terkonversi menjadi negatif.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, menyampaikan tambahan satu pasien positif Covid-19 ini berasal dari klaster Jakarta. Ini merupakan kasus dengan klaster baru karena pasien tersebut berasal dari Jakarta. Diduga pasien ini terinfeksi saat di Jakarta.

23 Orang Tanpa Gejala Muncul di Madiun, Masuk Klaster Temboro dan Sukolilo

"Ada tambahan satu yang positif. Tapi ini bukan dari klaster Sukolilo. Melainkan dari Jakarta," kata Ipong yang dikutip siaran pers Pemkab Ponorogo, Sabtu (25/4/2020).

Bupati menuturkan pasien nomor 09 ini datang dari Jakarta pada 11 April 2020 dan mengeluh sakit pneumonia. Pasien ini mengalami gejala dan setelah dilakukan rontgen ternyata tidak menunjukkan pneumonia. Pasien ini berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) sehingga langsung melakukan isolasi mandiri.

Namun, setelah dilakukan tes swab ternyata hasilnya positif. Pasien 09 ini pun langsung dirawat di ruang isolasi rumah sakit.

Bupati Ponorogo Minta Pemkab Magetan Lockdown Ponpes Temboro

Tim Satgas Penanganan Covid-19 ini kemudian melakukan tracing terhadap kontak dekat pasien. Penelusuran ini supaya siapa saja yang berkontak langsung dengan pasien bisa langsung melakukan isolasi.

"Saat ini sedang kita lakukan tracing yang pernah kontak dekat dengan pasien nomor 09 ini," kata Ipong.

Jumlah pasien positif Covid-19 di Ponorogo bertambah jadi tiga orang dalam tiga hari terakhir. Pada Rabu (22/4/2020) lalu, seorang anak dari pasangan pasien positif Covid-19 dinyatakan positif corona. Pada hari berikutnya, Kamis (23/4/2020), istri dari pasien positif corona nomor 03 juga terkonfirmasi positif. Dan pada Jumat (24/4/2020), satu orang lagi terkonfirmasi positif yaitu berasal dari klaster Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya