SOLOPOS.COM - Perahu wisata baru yang dikelola Taman Sunan Jogo Kali di Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo. Foto diambil belum lama ini. (Istimewa/Sengkut Pandega)

Solopos.com, SOLO — Pengelola Taman Sunan Jogo Kali di Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo, memiliki wahana baru berupa perahu wisata menyusuri Sungai Bengawan Solo. Wahana baru itu disosialisasikan mulai Minggu (4/9/2022).

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo telah memastikan layanan perahu wisata sesuai standar keamanan untuk transportasi air. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Taufiq Muhammad, menjelaskan pengelola melakukan sosialisasi terkait layanan perahu wisata selama 1-2 pekan ke depan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Rute layanan perahu wisata itu yang menyusuri Sungai Bengawan Solo dari Taman Sunan Jogo Kali, Kelurahan Pucangsawit sampai Beton, Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres.

“Sampai Beton putar balik balik lagi ke Taman Sunan Jogo Kali. Perjalanan selama 30-40 menit,” katanya, Minggu (4/9/2022).

Dia menjelaskan ada dua perahu yang dioperasikan mengangkut wisatawan. Masing-masing perahu naga yang bisa menampung lebih dari 10 orang dan perahu biasa seperti perahu digunakan para nelayan yang bisa menampung delapan orang.

Baca Juga: Serunya Ngabuburit di Solo, Dari Taman Sunan Jaga Kali Sampai ke Rutan

Kedua perahu itu milik pengelola Taman Sunan Jogo Kali Solo. Dishub mendampingi pengelola mengurus izin teknis terkait keselamatan.

Sekarang izinnya sudah keluar dari Kementerian Perhubungan. Perahu yang digunakan sesuai SOP dengan kelengkapan rompi pelampung bagi penumpang dan ban pelampung ,” ungkapnya.

Nakhoda Besertifikat

Kepala Taufiq mengatakan nakhoda perahu telah memiliki sertifikat khusus. Nakhoda atau personelnya merupakan bagian dari anggota Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Baca Juga: Rudy Terbangkan 22 Lampion Merah Putih di Bengawan Solo, Ini Tujuannya

Menurut Taufiq,  pengelola manajemen Taman Sunan Jogo Kali Solo menetapkan tarif naik perahu wisata Rp30.000 per orang. Untuk layanan berikutnya atau jam operasional menunggu informasi lebih lanjut.

Dia menjelaskan ada rencana menambah jumlah pada perahu tahun depan serta pengembangan wisata dengan layanan armada listrik yang dikelola Dishub Solo. Rencana itu dalam tahap kajian dan survei lokasi ke sejumlah kampung sekitar, di antaranya potensi produksi kerupuk.

Pengelola Taman Sunan Jogo Kali, Solo, Sengkut Pandega, menjelaskan jadwal operasional perahu yakni Minggu pukul 09.00 WIB-15.00 WIB. Sementara operasional selain Minggu hanya sore hari.

Baca Juga: Ada Rencana Berakhir Pekan di Solo? Jangan Lewatkan Agenda Menarik Ini

“Kalau hari biasa mungkin sore saja. Tapi kalau ada yang minat pagi ya kami tetap akan layani,” jelasnya. Dia mengatakan pengelola taman bekerja sama dengan Dishub Kota Solo untuk mengembangkan wisata tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya