SOLOPOS.COM - Pintu Utara Taman Balekambang Solo (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Taman Balekambang Solo, penutupan taman selama 4 hari itu karena ada acara perkemahan.

Solopos.com, SOLO–Kawasan Wisata Taman Balekambang akan ditutup untuk umum sementara waktu karena digunakan acara perkemahan. Penutupan fasilitas umum tersebut diadakan selama empat hari pada 27 hingga 30 Oktober 2015.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kawasan Wisata Taman Balekambang, Endang Sri Murniati, acara empat hari itu berupa Perkemahan Bakti Satuan Karya (Saka) Pariwisata yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

“Acara itu berupa pembinaan pramuka penegak yang beranggotakan siswa SMA, serta pandega dengan anggota yang berusia lebih dari 21 tahun. Rencananya ada sekitar 500 peserta perwakilan dari seluruh Indonesia yang ikut kegiatan tersebut,” katanya kepada Solopos.com, Jumat (16/10/2015).

Ia menambahkan Taman Balekambang ditutup untuk menjaga keamanan barang dan perlengkapan milik peserta. “Kami tidak ingin mengambil risiko karena masih membuka Taman Balekambang untuk umum,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan serupa juga pernah diadakan di Taman Balekambang pada 2014. Tapi, saat itu berupa perkemahan untuk siswa SMP atau pramuka penggalang yang diikuti sekitar 700 orang. Di dalam perkemahan itu ada sejumlah kegiatan yang dilakukan, di antaranya pentas seni dan outbond.

Terkait rencana kegiatan tersebut, Endang telah mempersiapkan sejumlah fasilitas untuk acara itu. Seperti kebersihan lingkungan terutama lapangan berumput yang akan digunakan berkemah, ketersediaan tempat sampah, ketersediaan air bersih, serta kebersihan kamar mandi dan toilet.

“Di Taman Balekambang ada sekitar 20 unit kamar mandi dan toilet yang tersebar di beberapa tempat. Kami akan mempersiapkannya karena fasilitas itu paling penting selain ketersediaan air bersih,” katanya. Ia berharap acara itu bisa menambah kunjungan wisatawan ke Taman Balekambang sehingga menjadi salah satu destinasi wisata di Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya