SOLOPOS.COM - Lomba bertajuk Piala Raja Lomba Seni Suara Alam burung Derkuku dan Perkutut yang digelar di Alun-Alun Selatan, Minggu (24/9/2017). (Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, SOLO – Taman Balekambang akan menggelar Lomba Burung Berkicau, Minggu (27/2/2022), bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Pedagang Burung Surakarta (IKPBS) dan Dinas Perdagangan Solo.

Kepala UPT Taman Balekambang, Sumeh, mengatakan acara Solo Kota Budaya akan menggelar lomba burung berkicau di kompleks Taman Balekambang. “Kalau lomba burung biasanya pengunjungnya banyak, bisa lebih dari 1.000 orang tetapi masih bisa terkendali,” ucap Sumeh kepada Solopos.com, beberapa waktu lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara ini akan diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada yang dari Morowali, Sulawesi Tengah. “Lomba burung ini dapat diikuti dari seluruh daerah, dari Morowali juga akan mengikuti lomba ini,” ujar Sumeh.

Baca Juga: Taman Balekambang Solo Diperluas, Aset Pemprov Jateng Ikut Kena

Ekspedisi Mudik 2024

Bukan hanya lomba burung berkicau, para pedagang burung akan mendirikan stand di kompleks Taman Balekambang Solo. Mereka akan menjual mulai dari makanan burung, suvenir, hingga sangkar burung.

“Nanti di samping kanan kiri juga ada pedagang-pedagang makanan burung, suvenir atau replika burung, sangkar burung, dan perlengkapan burung,” ujar Sumeh

Salah satu penjual burung d Pasar Burung Depok, Manahan, Solo, Budi Janoko, 35, mengatakan akan ikut serta meramaikan lomba burung berkicau dengan berjualan di stand Taman Balekambang.

Baca Juga: Aneh! Ratusan Burung Tiba di Pasar Depok Solo Dalam Kondisi Mati

Salurkan Hobi

“Benar, hari Minggu nanti akan ada lomba burung di Taman Balekambang, dan saya akan ikut berjualan di sana,” ucap Budi. Ia menambahkan dulu pada tahun 2018 juga ada acara lomba burung yang digelar oleh IKPBS di Taman Balekambang.

“Dulu waktu 2018, acaranya ramai, pengunjungnya juga banyak dari berbagai daerah, dapat menambah pemasukan untuk kami penjual burung,” katanya.

Salah satu pencinta burung yang kebetulan juga sedang berada di Pasar Burung Depok, Solo, Agung Suhendra, 32, antusias akan ikut lomba burung berkicau di Taman Balekambang.

Baca Juga: Terapkan Prokes Ketat, Pasar Burung dan Ikan Depok Solo Kembali Dibuka Lur!

“Setiap ada acara lomba burung berkicau, saya pasti ikut, bukan soal menang kalah, tapi untuk sekadar menyalurkan hobi saja,” ucap lelaki yang akrab disapa Hendra itu saat diwawancarai Solopos.com

Pencinta burung justru senang menyalurkan hobi dan bertemu dengan sesama pencinta burung lainnya untuk menambah relasi. Lomba burung berkicau menjadi salah satu wadah untuk menyalurkan hobinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya