SOLOPOS.COM - Sebagian talut jembatan sungai di Dukuh Pagerjurang, Desa Wukirsawit, Kecamatan Jatiyoso longsor, Sabtu (1/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebagian talut jembatan sungai di Dukuh Pagerjurang, Desa Wukirsawit, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar longsor, Sabtu (1/1/2022).

Untuk mengantisipasi risiko kecelakaan, kendaraan roda empat dilarang melintas jembatan di jalan alternatif penghubung Jatiyoso-Tawangmangu tersebut. Camat Jatiyoso, Heru Joko Sulistyono mengatakan sebelum longsor, kawasan tersebut diguyur hujan lebat sehingga permukaan air sungai meningkat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sebelumnya hujan cukup deras dan lumayan lama. Kemudian tiba-tiba saja sebagian talutnya longsor,” ujarnya.

Baca Juga: Pengunjung Waduk Gajah Mungkur Membeludak, Pengelola Minta Bantuan

Menurutnya, jembatan itu saat ini masih bisa dilewati, namun hanya untuk kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat dialihkan melalui jalur lain.

“Kejadian ini sudah kami laporkan kepada DPU [Dinas pekerjaan Umum dan Penataan Ruang/DPUPR Karanganyar] untuk ditindaklanjuti. Sementara ini kendaraan roda empat tidak boleh lewat dulu untuk mengurangi risiko bahaya. Dan itu kan jalur alternatif sehingga mereka masih bisa lewat jalur lain, Misalnya mau ke Tawangmangu masih bisa lewat Sepanjang,” ujarnya.

Sementara itu, sukarelawan juga sudah memasang spanduk di ujung jalan yang berisi peringatan tentang jembatan rusak.

Baca Juga: 6 Orang Dikabarkan Hilang Kontak saat Mendaki Gunung Lawu, Sudah Turun

Kejadian longsor di Tawangmangu juga pernah terjadi belum lama ini. Tebing jalan Tawangmangu-Magetan, Kamis (9/12/2021) malam longsor hingga menyebabkan seorang pengendara sepeda motor terluka akibat tertimpa pohon.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, peristiwa di kawasan Lawu Camp itu terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. Saat itu sebagian tanah di sisi utara jalan longsor sehingga materialnya menutup sebagian badan jalan. Sebuah pohon berdiameter sekitar 25 cm juga ikut terbawa longsor dan tumbang ke jalan.

Nahas, pada saat itu seorang pengendara sepeda motor tengah melintas sehingga tertimpa pohon tersebut. Akibatnya salah satu kaki korban mengalami luka.

Secara kebetulan sesaat setelah kejadian itu muncul iring-iringan mobil rombongan sukarelawan gabungan di Tawangmangu yang akan membantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur . Iring-iringan ini menggunakan enam unit mobil dan mengangkut 22 personel sukarelawan.

Mereka pun berhenti untuk menolong korban yang tertimpa pohon. Salah satu sukarelawan pun menelpon ambulans terdekat agar datang ke lokasi dan mengavakuasi korban ke Puskesmas Tawangmangu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya