Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Takziah, Ini Kenangan Presiden Jokowi tentang Tjahjo Kumolo

Jokowi dan Iriana tiba di kediaman keluarga Tjahjo Kumolo pukul 07.22 WIB dan disambut oleh istri almarhum, Erni Guntarti, dan anak-anaknya.
SHARE
Takziah, Ini Kenangan Presiden Jokowi tentang Tjahjo Kumolo
SOLOPOS.COM - Menpan RB, Tjahjo Kumolo. (Antara/HO-Kemenpan RB)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo, Sabtu (2/7/2022), bertakziah ke rumah duka almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo di kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta.

Dilansir Antara, Jokowi dan Iriana tiba di kediaman keluarga Tjahjo Kumolo pukul 07.22 WIB dan disambut oleh istri almarhum, Erni Guntarti, beserta anak-anaknya, yakni Rahajeng Widyaswari, Karunia Putri Pari Cendana, dan menantunya Detri Warmanto.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana berbincang-bincang dengan keluarga almarhum. Setelah berbincang sekaligus mendoakan almarhum, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana berpamitan dan meninggalkan rumah duka.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengenang almarhum Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana. Menurut Kepala Negara, Tjahjo Kumolo juga merupakan seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati.

“Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Presiden saat menyampaikan belasungkawa di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, Jumat (1/7/2022) malam.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Meninggal, Gibran Ungkap Pertemuan Terakhir Di Solo

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana saat bertakziah, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung beserta Ibu Endang Nugrahani.

Kehilangan Orang Baik

Pada bagian lain, Wakil Presiden, K.H. Ma’ruf Amin, menyebut Indonesia kehilangan salah satu orang baik dengan meninggalnya Tjahjo Kumolo. Ia mengenang menteri itu sebagai sosok yang terus mengabdi kepada bangsa dan negara, baik saat menjadi menteri PAN-RB maupun menteri dalam negeri di periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Kita kehilangan orang baik, orang yang selama ini mengabdi kepada bangsa dan negara sejak beliau sebelumnya juga menjadi Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara,” kata Ma’ruf di Kantor Kementerian PAN-RB, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Selalu Temui Rudy Saat Ke Solo, Ini Sederet Pesan Tjahjo Kumolo

Menurut Ma’ruf, anggota kabinet itu semasa hidupnya merupakan sosok yang bekerja siang dan malam untuk melakukan reformasi birokrasi di Indonesia, bahkan saat dia sudah jatuh sakit. Ia masih ingin menyelenggarakan pertemuan antara berbagai kementerian, lembaga, pemerintah daerah, maupun swasta untuk mempercepat mal pelayanan publik.

Menpan RB Tjahjo Kumolo berpulang pada hari Jumat (1/7/2022) pukul 11.10 WIB di Jakarta. Sebelum kabar duka datang, almarhum dirawat di RS Abdi Waluyo sejak 20 Juni 2022 dan kondisinya sempat membaik. Tjahjo telah dimakamkan pada Jumat sore secara militer di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode