Takut Makanan di Kulkas Rusak Akibat Listrik Mati, Segera Simpan Dengan Cara Ini

berikut cara mudah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bahan makanan dalam lemari es saat listrik padam.
Takut Makanan di Kulkas Rusak Akibat Listrik Mati, Segera Simpan Dengan Cara Ini
SOLOPOS.COM - Ada cara khusus menyimpan makanan saat listrik mati (Istimewa/Freepik)

Solopos.com, SOLO--Listrik mati seringkali menjadi kejadian yang tidak terduga. Masalahnya, hal ini terkadang terjadi dalam waktu yang cukup lama dan membuat aktivitas yang berhubungan dengan elektronik harus terhenti.

Tak hanya itu, hal ini juga bisa merusak bahan makanan yang ada di kulkas, karena penurunan suhu yang dratis.

Meskipun begitu, masih ada cara menyiasati agar bahan makanan yang ada di lemari pendingin tidak rusak atau basi. Melansir dari detik.com dan sumber lain belum lama ini, berikut cara mudah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bahan makanan dalam lemari es saat listrik padam.

Ikut FGD Virtual Solopos, Selvi Ananda Istri Gibran Berbagi Tips Asyik Di Rumah Saja

Pastikan pintu kulkas tertutup

Hal yang penting dilakukan selama pemadaman listrik adalah menjaga kulkas dan pintu freezer tertutup sebaik mungkin. Hindari membuka pintu kulkas terlalu sering agar suhunya tidak cepat berubah.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dalam pemadaman listrik kulkas masih dapat menyimpan suhu dinginnya. Kulkas yang tertutup akan tetap dingin hingga 4 jam dan freezer tertutup akan menjaga suhunya selama 24 jam jika setengah penuh dan 48 jam jika penuh.

Gunakan termometer untuk memantau suhu

Selalu jaga suhu kulkas bawah 4 derajat Celsius dan freezer pada atau di bawah -17 derajat Celsius. Ketika sudah melewati batas suhu ini, makanan harus langsung segera diselamatkan dari dalam pendingin.

Menyimpan termometer khusus di dalam kulkas dan freezer adalah cara yang bagus sebagai tindakan proaktif jika terjadi pemadaman listrik. Sebab, termometer akan memberi tahu saat lemari es atau freezer telah menghangat ke titik yang tidak aman tanpa daya.

Simpan es batu dan beberapa botol beku

Sediakan kantong es tambahan yang disimpan dalam freezer untuk membantu menjaga suhunya dan digunakan nanti jika harus memindahkan makanan ke dalam pendingin. Jika freezer memiliki wadah pembuat es, masukan es batu ke dalam wadah penyimpanan setiap kali nampan es penuh.

USDA juga merekomendasikan menyimpan botol air dalam freezer, yang tidak hanya akan membantu menjaga makanan beku dan dingin lebih lama. Namun, juga akan memiliki pasokan air minum segar jika pasokan air terkontaminasi.

Sandiaga Uno Punya Rp5 Triliun, Berikut Daftar Harta Kekayaan 6 Menteri Baru Jokowi

Kelompokan makanan beku

Kelompokkan semua makanan beku bersama-sama dalam freezer untuk antisipasi pemadaman listrik. Ini juga akan membantu menjaga makanan lebih dingin untuk jangka waktu yang lebih lama. Sebab, Makanan beku akan menyimpan dingin lebih lama. Sehingga, mengelompokan bersamaan akan membuat suhu digin yang masih tersimpan dapat menyelamatkan bahan makanan lebih lama.

Pindahkan makanan ke freezer

Jika ada pemadaman listrik, pindahkan beberapa makanan ke freezer untuk menjaganya pada suhu yang aman dalam jangka waktu yang lebih lama. Bahan-bahan seperti susu dan daging butuh harus segera dipindahkan dengan aman ke freezer selama pemadaman listrik.

Freezer juga punya suhu yang lebih rendah dari ruangan kulkas yang biasa. Sehingga, Freezer akan mengalami kenaikan suhu yang lebih lama dibanding hanya di bagian pendingin saja

Sediakan kotak pendingin

Jika listrik padam selama lebih dari 2-4 jam, pindahkan makanan yang tersimpan di kulkas ke dalam kotak pendingin (cool box). Makanan akan tetap terjaga pada suhu di bawah 4 derajat celsius dalam kotak pendingin.

Jika listrik akan padam selama lebih dari sehari, siapkan pendingin kedua untuk bahan makanan yang disimpan dalam freezer. Kemudian, setiap makanan yang telah terkena suhu di atas 4 C selama lebih dari dua jam atau di atas 32 C selama lebih dari satu jam, harus dibuang.

Jangan ditaruh di luar

Jika listrik padam selama musim hujan yang dingin, mungkin kalian berpikir menyimpan beberapa makanan di luar sama saja di pendingin. Tetapi hal ini bukan ide bagus, suhu di luar dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung kondisi cuaca. Hal ini akan menyebabkan makanan menjadi rusak dan dapat menarik hewan liar yang sedang mencari makanan.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago