SOLOPOS.COM - Suasana check in Bandara YIA pada Jumat (24/12/2021). (Harianjogja.com/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, KULONPROGO — Target jumlah penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) pada H-1 libur Natal meleset. Awalnya, jumlah penumpang di Bandara YIA pada libur Natal kali ini ditarget 9.000 orang, nyatanya jumlahnya hanya sekitar 5.000 orang.

Stakeholder Relation Manager Bandara YIA, Ike Yutiane, mengatakan perseroan sebelumnya memprediksikan puncak arus libur Natal terjadi pada Jumat (24/12/2021). “Pada hari ini merupakan prediksi puncak (kepadatan penumpang), H-1 Natal. Saat ini jumlah penumpang di Bandara YIA diperkirakan mencapai sekitar 5.148 penumpang,” kata Ike pada Jumat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Angka total penumpang di Bandara YIA bahkan tidak mencapai sekitar 9.000 penumpang seperti yang ditargetkan sebelumnya. Berdasarkan data yang dimiliki perseroan, total pergerakan kedatangan penumpang di Bandara YIA hanya mencapai 2.796 pax. Sedangkan, angka keberangkatan hanya mencapai 2.566 pax.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Merugi, Angkasa Pura I Pangkas Karyawan Bandara YIA Akhir Tahun ini

“Sehingga total penumpang pada hari ini mencapai 5.362 penumpang,” sambung Ike.

Ia menegaskan bahwa angka tersebut jauh dari kondisi saat 19 Desember 2021 lalu. Angka penumpang waktu itu bahkan menembus 8.141 pax. “Meskipun demikian, kami tetap menambah sejumlah fasilitas kepada penumpang seperti penambahan tempat verifikasi aplikasi PeduliLindungi dari yang tadinya lima sekat menjadi 10. Semoga layanan ini bisa berjalan baik dan bermanfaat bagi penumpang,” terang Ike.

PT Angkasa Pura I Persero selaku pengelola Bandara YIA sebelum memprediksikan arus puncak keberangkatan penumpang terjadi pada Jumat. Kenaikan jumlah penumpang bisa mencapai sekitar 5-10%. Untuk arus balik, perseroan memprediksikan terjadi pada Senin (3/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya