Tak Sekadar Jualan, IKM Peserta SGS 2021 Dapat Pelatihan Go Digital

Para pelaku IKM peserta Solo Great Sale atau SGS 2021 mendapatkan sejumlah pelatihan untuk mendorong mereka supaya go digital.
Tak Sekadar Jualan, IKM Peserta SGS 2021 Dapat Pelatihan Go Digital
SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video promosi Solo Great Sale 2021 (sologreatsale.com)

Solopos.com, SOLO — Para pelaku industri kecil dan menengah atau IKM peserta SGS (Solo Great Sale) 2021 tak melulu hanya jualan selama event yang berlangsung 1-30 Oktober.

Mereka juga mendapatkan pelatihan yang untuk mendorong mereka supaya go digital. Ketua Panitia SGS 2021, M Farid Sunarto, mengatakan program pelatihan tersebut didukung Kementerian Perindustrian.

Total ada 50 pelaku usaha yang menjadi sasaran pelatihan. Namun dalam pelaksanaanya terbagi menjadi dua sesi. “Peserta pelatihan itu semua merupakan peserta SGS. Seperti diketahui, tema kami adalah go digital. Untuk itu mereka yang punya produk kami dorong untuk go digital,” jelasnya kepada Solopos.com, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Bahaya! 5-10 Persen Pengidap HIV di Solo Tak Lagi Mengakses Obat ARV

Para pelaku IKM peserta pelatihan go digital SGS 2021 nantinya didorong bisa masuk platform digital dalam pemasaran produk mereka. Dalam hal ini panitia juga bekerja sama dengan Shopee. Sedangkan untuk menuju pembayaran nontunai, para peserta mendapatkan pelatihan dari Bank Indonesia.

“Pelatihan nanti dua hari, kemudian praktik. Di antaranya praktik membuat konten profil bisnis, marketing digital, pembiayaan konten agar menjangkau target, mempelajari cara maintanance sosial media. Membuat marketplace yang berafiliasi dengan marketplace yang ada, sementara ini Shopee,” jelasnya.

Baca Juga: 36.000-An Warga Solo Belum Divaksin Covid-19, Alasannya Sibuk

Pelatihan melibatkan 50 pelaku usaha, namun pada tahap pertama yang digelar di Loji Hotel, Rabu (13/10/2021), diikuti 25 orang terlebih dulu. Kemudian pada tahap berikutnya akan menggandeng peserta lainnya.

Pelatihan go digital bagi IKM peserta SGS 2021 tersebut juga dihadiri perwakilan dari Kementerian Perindustrian, Reni Yanita.

Baca Juga: Mahamenteri Tedjowulan Akui Belasan Bangunan Keraton Solo Rusak Parah

Ketua Kadin Solo, Gareng S Haryanto, mengatakan pada pelaksanaan SGS tahun ini, para peserta maupun masyarakat yang melakukan transaksi telah diarahkan untuk menggunakan sarana teknologi digital.

“Melalui pelatihan ini semoga dapat meningkatkan kecakapan pelaku IKM dalam memanfaatkan teknologi digital,” katanya.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago