SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bandara Dewandaru, Karimunjawa, Jepara. (hubud.dephub.go.id)

Solopos.com, JEPARA — Sebanyak 12 wisatawan dari 356 wisatawan yang terjebak di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), rupanya sudah tidak sabar ingin segera pulang. Alih-alih menunggu kapal KM Kelimuntu dari Pelni yang akan mengangkut mereka ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, 12 wisatawan tersebut memilih mencarter pesawat.

Informasi yang diterima Solopos.com, ke-12 wisatawan itu memilih mencarter pesawat dari Bandara Dewandaru, Karimunjawa, sejak Minggu (25/12/2022). Mereka pun memilih carter pesawat maskapai Susi Air daripada menunggu kapal jemputan yang disiapkan pemerintah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Dewandaru, Ariadi Widiawan, membenarkan informasi terkait adanya 12 wisatawan yang terjebak di Karimunjawa yang mencarter pesawat. “Iya memang ada yang carter [pesawat], tapi sudah berangkat dua hari lalu [25 Desember 2022],” ujar Ariadi, Selasa (27/12/2022).

Ariadi mengatakan 12 wisatawan itu naik pesawat pukul 12.00 WIB dan dijadwalkan sampai di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang pada Minggu siang sekitar pukul 13.17. “Iya [menuju Bandara Ahmad Yani Semarang],” jelasnya.

Kendati demikian, saat ditanya terkait status 12 wisatawan itu apakah wisatawan asing atau lokal, Ariadi tidak menjelaskan secara pasti. Ia berdalih informasi lebih jelas berada di pihak maskapa atau pesawat Susi Air yang memberikan carter pesawat kepada 12 wisatawan tersebut.

Baca juga: Pemkab Jepara Siapkan Bus Jemput Wisatawan Terjebak di Karimunjawa

“Data [wisatawan] pastinya di mereka [Susi Air]. Kami selaku bandara tidak memiliki data wisawatawan, karena pesawat carter. Jadi lebih jelasnya bisa menghubungi Susi Air,” akunya.

Sementara itu, Camat Karimunjawa, Muslikin, membenarkan jika ada 12 wisatawan yang terjebak di Karimunjawa yang memilih untuk mencarter pesawat. Kendati demikian, ia tidak mengetahui apakah yang mencarter pesawat tersebut merupakan wisatawan asing atau domestik.

“Ada 12 orang berangkat sudah kemarin. Itu berangkatnya kalau enggak salah Sabtu. Kalau Susi Air kan di Bandara Dewandaru sudah masuk, kalau turunnya di Bandara Ahmad Yani Semarang. Untuk nilai carter saya kurang tahu,” imbuh Muslikin.

Baca juga: Kabar Baik! Kapal Pelni Tiba di Karimunjawa Selasa, Angkut Wisatawan Tertahan

Diberitakan sebelumnya, ada sekitar 356 wisatawan yang terjebak di Karimunjawa sejak Sabtu (24/12/2022). Dari ratusan wisatawan itu, sekitar 36 orang di antaranya merupakan warga negara asing (WNA). Mereka tak bisa pulang karena kapal penyeberangan dari Karimunjawa ke Pelabuhan Jepara dilarang berlabuh menyusul cuaca buruk dan gelombang air laut yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya