[x] close
Tak Perlu Sampai ke Bali untuk Menikmati Uluwatu, Cukup ke Pacitan Saja
Solopos.com|jatim

Tak Perlu Sampai ke Bali untuk Menikmati Uluwatu, Cukup ke Pacitan Saja

Kabupaten Pacitan yang berbatasan langsung dengan provinis Jawa Tengah, tepatnya Kabupaten Wonogiri ini memiliki belasan pantai dengan keindahan dan keunikan tersendiri.

Solopos.com, PACITAN -- Kabupaten yang berada di ujung barat daya  provinsi Jawa Timur ini memang memiliki kekayaan keindahan alam yang luar biasa. Kabupaten Pacitan yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah, tepatnya Kabupaten Wonogiri ini memiliki belasan pantai dengan keindahan dan keunikan tersendiri.

Salah satunya adalah  Pantai Karang Bolong, yang menawarkan pemandangan menawan dari atas tebing. Selain itu, hal yang menarik dari pantai ini  mengacu pada namanya,  yaitu “Karang Bolong” yang artinya batu karang  berlubang, pantai ini memiliki pemandangan batu-batu karang yang berlubang.

Melansir dari situs Detik.com, tidak seperti pantai pada umumnya, Pantai Karang Bolong ini tidak mempunya pasir pantai. Untuk bisa menikmati batu karang berlubangnya, pengunjung harus berada di atas tebing saja. Untuk melihatnya pun pengunjung harus berhati-hati karena tebing atas  tempat pengunjung berdiri sangat  curam, ditambah angin yang sangat  kencang.

Pantai Karang Bolong
Pemandangan di atas tebing Pantai Karang Bolong (Instagram/@pantaikarangbolongpacitan)

Jika tidak bisa menyeimbangkan tubuh, tiupan  angin itu bisa menjatuhkan pengunjung. Maka dari itu keseimbangan dan kehati-hatian pengunjung sangat diperlukan. Pantai ini berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Akses  menuju pantai ini searah dengan Pantai Klayar.

Baca Juga: Hiiii...Gadis Asal Bandung Atraksi dengan King Cobra 4 Meter

Di sisi barat, pemandangan tak kalah indah di mana pengunjung dapat menikmati bukit di atas pantai dan panorama matahari terbenam. Pemandangan di sebelah selatan, pengunjung bisa menikmati ombak dan luasnya laut selatan

Melansir dari situs Liputan6.com, pemandangan batu karang berbatu  di Pantai Karang Bolong ini mengingatkan pengunjung dengan pemandangan yang ada di Uluwatu Bali.

Pantai ini mengarah langsung ke Samudra Hindia yang terkenal dengan ombaknya yang ganas hingga dapat mengikis batu karang dan menyisakan lobang di bagian bawah.  Karena dikenal dengan hempasan ombaknya, para pengunjung menggunakan momen ini untuk mengambil gambar serta berswafoto dengan latar hempasan ombak pantai.

Padang Rumput

Keunikan lain yang dimiliki Pantai Karang Bolong adalah padang rumput dan ilalang. Karena pantai ini tidak memiliki bibir pantai dan tidak terletak di dataran rendah, sehingga pengunjung hanya dapat menikmati keindahan dari atas tebing dan di tebing inilah  tumbuh rerumputan dan ilalang yang juga cocok digunakan sebagai latar untuk berswafoto.

Baca Juga: Ternyata Ini Kebiasaan Nissa Sabyan Sebelum Pentas

Pantai Karang Bolong
Berswafoo di atas tebing Pantai Karang Bolong Pacitan (Instagram/@pantaikarangbolongpacitan)

Pemandangan ini membuat para pengunjung pantai berasa tidak mengunjungi pantai namun seperti bermain di tanah lapang luas namun dapat mendengar  deburan ombak dari bawah tebing.

Di sekitaran padang rumput  dan ilalang itu juga sering berkeliaran kambing milik warga setempat yang biasa merumput dan inilah yang menjadi keunikan dari pantai ini.

Baca Juga: Periode Pelarangan Mudik, KRL Jogja - Solo Tetap Jalan

Meskipun berisiko, banyak pengunjung yang memberanikan diri untuk mengambil momen khusus dengan berpose di ujung  tebing Pantai Karang Bolong.

Datang ke Pantai Karang Bolong artinya kita juga bisa masuk ke Pantai Klayar karena pintu masuknya menjadi satu.Untuk tarifnya cukup membayar tiket Rp5.000 per orang, parkir motor Rp5.000, dan Rp10.000 untuk parkir mobil.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago