SOLOPOS.COM - Ilustrasi ventilasi rumah (freepik)

Solopos.com, SOLO – Siapa yang betah jika rumah terasa panas ketika dihuni. Hawa panas rumah bisa ditekan jika kita memasang air conditioner atau perangkat elektronik AC. Namun itu akan menambah beban pengeluaran listrik kamu setiap bulannya.
Untuk bisa merasakan rasa sejuk di dalam rumah tanpa AC, kamu harus mempunyai kanal sirkulasi udara di rumah yang baik. Kanal tersebut biasa disebut ventilasi. Ventilasi berguna untuk jalan keluar dan masuknya udara. Sesuai dengan kodrat alam, hawa panas akan bergerak mencari tempat yang lebih luas. Seiring dengan itu hawa dingin yang akan menggantikan. Lantas bagaimana cara agar kita bisa mempunyai sirkulasi udara yang baik di rumah? Berikut tips seperti dikutip dari dekoruma.com :

Baca Juga: Bingung Menentukan Jenis Lantai Rumah? Baca Ini Dulu

Promosi Layanan Keuangan Terbaik, BRI Raih 3 Penghargaan Pertamina Appreciation Night

1. Buka jendela dan pintu pada malam hari
Ventilasi rumah membantu kelancaran sirkulasi udara di rumah baik pada siang maupun malam hari. Namun saat ketersediaan ventilasi terlalu minim, kelancaran sirkulasi udara dapat ditunjang dengan memaksimalkan sumber bukaan di malam hari. Bukalah jendela di setiap ruangan di rumah, pastikan juga pintu-pintu terbuka sehingga udara bisa bergerak ke seluruh ruangan. Sebelum itu kamu harus memastikan keamanan rumahmu terhadap gangguan kejahatan yang mungkin mengintai. Dengan cara membuat fasilitas keamanan di gerbang atau memasang kamera CCTV.

Ekspedisi Mudik 2024

2. Buat ruang terbuka hijau
Kualitas udara yang masuk ke dalam rumah sangat bergantung dengan kualitas udara yang berasal dari luar ruangan. Semakin banyak udara bersih, maka semakin lancar sirkulasi di dalam ruangan. Sebaliknya, jika terlalu banyak udara kotor yang masuk, maka akan menghambat sirkulasi udara bersih.
Kualitas udara di luar ruangan dapat ditingkatkan dengan menghadirkan taman di sekitar area rumah. Kamu bisa menanam tanaman hias atau bahkan tanaman yang menghasilkan buah seperti rambutan, mangga dan pepaya. Tanaman tersebut tidak memakan ruang yang cukup luas.

Bikin Kanopi untuk Kurangi Panas

3. Batasi paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari dapat mengganggu sirkulasi udara di ruangan. Suhu ruangan yang meningkat di dalam ruangan dapat mengubah udara dingin menjadi udara panas. Hal ini akan menjadi masalah bagi bangunan rumah yang menghadap ke arah timur atau barat karena lebih intens terkena panasnya matahari.
Siasatilah dengan memasang kanopi pada jendela dan ventilasi sehingga sebagian panas bisa dipantulkan kembali ke udara. Sirkulasi di dalam ruangan pun tetap berlangsung sebagaimana mestinya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kaca yang dapat mengatur penyerapan sinar ultraviolet. Saat terpapar matahari secara langsung, warna kaca berubah buram sehingga lebih sedikit menyerap panas.

Baca Juga: 7 Cara Mempercantik Halaman Rumah Supaya Terlihat Sumringah

4. Tata ulang furnitur rumah
Furnitur dan perabot di ruangan juga bisa menjadi penyebab tersendatnya sirkulasi udara. Lemari seringkali ditempatkan begitu saja di depan jendela, menghalangi angin dan udara luar masuk. Lakukanlah penataan ulang di ruangan sehingga membuka jalan untuk sirkulasi udara.
Selain membuka jalan untuk sirkulasi udara, penataan ulang furnitur juga bisa memperbaiki kelancaran akses pengguna ruangan di rumah. Mobilitas di dalam maupun antar ruangan sangat bergantung dengan organisasi furnitur yang baik. Sirkulasi gerak jadi tidak terhambat, pengaturan ruang di dalam juga jadi tampil lebih luwes dan lebih indah dipandang.

5. Gunakan material antioksin
Material-material yang mengandung senyawa kimia dapat memengaruhi kelancaran sirkulasi karena secara langsung memengaruhi kualitas udara di ruangan. Udara yang semula bersih kemudian terkontaminasi dan menghambat sirkulasi. Material pelapis seperti cat dan pelapis kayu dapat menurunkan kualitas udara di sekitar ruangan. Oleh karena itu, gunakanlah cat dan pelapis antitoksin dan perbanyak penggunaan material alami seperti kayu dan bambu. Kelancaran sirkulasi di dalam rumah dapat memberikan keuntungan baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan rumah. Ruangan dengan sirkulasi udara yang lancar mencegah kotoran, jamur, dan bakteri yang sering muncul menyebabkan kerusakan bangunan ataupun penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya