SOLOPOS.COM - Tangkapan layar kelakuan pencuri membobol kotak infak salah satu masjid di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Senin (11/7/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KLATENKotak infak dibobol maling kembali terjadi di Klaten. Kali ini, uang yang ada di dalam kotak infak salah satu masjid di lereng Gunung Merapi digondol pencuri.

Masjid tersebut bernama Masjid Nurul Huda di Dukuh Kaligompyong, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang. Pencurian terjadi, Senin (11/7/2022) siang sekitar pukul 13.55 WIB. Kelakuan pencuri laki-laki menguras isi kotak infak terekam kamera closed circuit television (CCTV) di area masjid.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam rekaman kamera CCTV terlihat kondisi di dalam masjid sepi. Pelaku mengenakan jaket serta membawa tas selempang masuk ke dalam masjid melalui pintu samping. Pelaku terlihat berjalan mendekati mihrab. Dia kemudian mengambil satu benda dari dalam tas dan meletakkan tas itu di samping mihrab.

Pelaku lantas mendatangi kotak infak berbentuk silinder di tengah masjid. Pelaku terlihat mencongkel bagian atas silinder kotak infak hingga terbuka. Setelah terbuka, dia lantas mengambil tasnya dan mendekati kotak infak tersebut.

Uang yang ada di dalam kotak infak kemudian dimasukkan ke dalam tas. Pelaku terlihat celingak-celinguk mengamati kondisi di sekitar lokasi. Setelah mengambil isi kotak infak, pelaku meninggalkan masjid.

Baca Juga: Berkat Alat Ini, Warga Ngawen Klaten Bekuk Pembobol Kotak Infak

Sekretaris Desa (Sekdes) Balerante, Basuki, mengatakan saat pencurian terjadi, kondisi masjid sepi. Di saat bersamaan, di rumah warga yang berdekatan dengan masjid ada hajatan. Soal nilai kerugian, Basuki mengatakan uang infak di dalam kotak itu tak diambil sejak Idulfitri.

Kotak infak yang dibobol pencuri itu berupa pipa besi yang tersambung dengan lantai masjid. Tutup kotak infak tersebut sudah dikunci menggunakan tiga gembok.

Basuki yang juga penasihat takmir masjid tersebut menjelaskan peristiwa itu dilaporkan ke Mapolsek Kemalang, Rabu (20/7/2022). Peristiwa pembobolan kotak infak di masjid tersebut bukan kali pertama terjadi. Sudah tiga kali kejadian pencurian isi kotak infak di masjid tersebut.

Sebanyak dua kejadian sebelumnya tak terekam kamera CCTV serta tak dilaporkan ke kepolisian. Setelah dua kali kejadian tersebut, takmir masjid lantas berinisiatif memasang kamera CCTV.

Baca Juga: Kocak! Gagal Mencuri di Warung Satai Klaten, Pencuri Tinggalkan Motor

“Ke depan, isi kotak infak akan rutin diambil dan dibawa bendahara takmir agar tidak terjadi peristiwa serupa,” kata Basuki, Kamis (21/7/2022).

Kapolsek Kemalang, AKP Suharto, membenarkan pencurian itu dilaporkan ke Mapolsek Kemalang. Diperkirakan nilai total uang yang ada di dalam kotak infak mencapai Rp5 juta lantaran belum diambil sejak Idulfitri.

Kapolsek mengimbau agar takmir masjid memperketat pengawasan kotak infak dan secara rutin mengambil isi yang ada di dalam kotak infak agar tak dicuri maling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya