SOLOPOS.COM - ilustrasi virus corona atau Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, SOLO - Polisi memastikan kabar yang beredar tentang pengguna kendaraan yang tidak memakai masker akan mendapat tilang merupakan kabar hoaks. Satlantas Polresta Solo justru rutin membagikan masker sebagai cara pencegahan virus corona kepada pengguna jalan maupun warga yang membutuhkan.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Afrian Satya Permadi, menyebut hingga saat ini kepolisian tidak pernah memberikan tilang pengguna kendaraan yang tidak memakai masker. Menurutnya, warga yang tidak memakai masker justru akan diberi masker oleh polisi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jumlah Kunjungan Menurun, Posko Kesehatan Covid-19 RSUD Moewardi Hanya Buka 6 Jam Sehari

"Pekan lalu kami sudah membagikan ratusan masker kepada pengguna jalan dan tukang becak di Kota Solo. Pekan ini akan ada pembagian masker lagi dari kami," ujarnya kepada Solopos.com, Senin (13/4/2020).

Menurutnya, sesuai arahan pimpinan kepolisian hanya menegur warga yang tidak memakai masker. Namun, teguran itu disertai sosialisasi kepada warga untuk selalu memakai masker, menjaga jarak saat berinteraksi, serta ketertiban lalu lintas.

Lockdown Berakhir, Warga Wuhan Ramai Beli Mobil

Ia menjelaskan dalam Operasi Keselamatan Candi 2020 yang dimulai pekan lalu itu memfokuskan imbauan kepada masyarakat tentang pencegahan virus Covid-19 bukan fokus ke upaya penindakan seperti tilang. Ia menjelaskan Satlantas Polresta Solo juga memfokuskan pengawalan distribusi sembako serta pengawalan proses pemakaman jenazah positif Covid-19 maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Kami juga menekankan sinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terkait pengawalan pemudik dari terminal, stasiun, atau bandara menuju Posko Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di Graha Wisata," ujarnya.

Sementara itu, ia mengaku belum ada opsi penjagaan antisipasi pemudik yang menggunakan angkutan pribadi di akses-akses masuk Kota Solo. Hal itu masih menunggu perkembangan arahan dari pemerintah pusat untuk menjaga perbatasan.

Keren! Google Doodle Hari Ini Apresiasi Tenaga Medis Covid-19

Kampung Siaga

Sebelumnya, Polresta Solo melalui dua kampung siaga di RW012 Kelurahan Sumber dan RW03 Kelurahan Mojo membagikan seratusan masker, alat pencuci tangan, alat pelindung diri (APD) serta sembako bagi warga yang membutuhkan.

Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai, menyebut bantuan yang diberikan dapat menjadi sarana untuk berperan aktif masyarakat seperti menjaga kesehatan. Menurutnya, Kampung Siaga itu dapat menjadi percontohan kampung lainnya untuk berperan aktif bersama-sama mencegah penularan virus Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya