SOLOPOS.COM - Marc Marquez di Sirkuit Sentul (Okezone)

Solopos.com, SOLO – Sirkuit Sentul di Bogor, Jawa Barat, mempunyai keinginan untuk bisa menggelar ajang balap bergengsi seperti Formula 1 (F1) dan Moto GP. Oleh karenanya, sirkuit tersebut bakal berbenah.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI). Dalam unggahan di Instagramnya, Bamsoet, bertemu dengan sejumlah tokoh senior otomotif. Mereka berencana mengembangkan kawasan Sentul menjadi Pusat Olahraga dan Mobilitas Otomotif Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bamsoet menjelaskan di Sentul sudah terdapat dua sirkuit bertaraf internasional, yakni Sirkuit Internasional Sentul, Sirkuit Internasional Karting Sentul, dan kini juga sedang dibangun Stage Park Sentul.

Baca Juga:  Dorna: Keindahan Sirkuit Mandalika Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Untuk olahraga, Sirkuit Internasional Sentul bisa menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan balap mobil. Berbagai sarana dan prasarananya juga akan kita upgrade sehingga bisa digunakan menjadi tuan rumah Formula 1 [F1] dan juga Moto GP,” katanya dalam unggahan Instagram, Minggu (10/10/2021).

Sedangkan Sirkuit Internasional Karting Sentul, bisa digunakan menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap motor dan gokart. Sementara Stage Park Sentul yang pembangunannya sebentar lagi akan selesai, bisa digunakan untuk balapan sprint rally, speed offroad, adventure offroad, hingga motocross. Berbagai sarana dan prasarana akan ditingkatkan, sehingga bisa menjadi tuan rumah Asia Pacific Rally Championship (APRC), FIA World Rally Championship (WRC), hingga kejuaraan dunia motocross MXGP,” lanjut Bamsoet.

Modikasi Otomotif

Dalam kesempatan itu, Bamsoet bertemu dengan Tommy Soeharto, Komjen Pol (P) Budi Waseso dan Letjen TNI AM Putranto. Bamsoet menambahkan, untuk mobilitas otomotif, di kawasan ketiga sirkuit tersebut juga bisa dikembangkan menjadi Pusat Industri Modifikasi Otomotif. Sehingga bisa memberikan nilai tambah karena tidak hanya menjadi kawasan balapan otomotif saja.

Banyak pelaku usaha modifikasi otomotif yang sedang mencari lokasi strategis. Dari segi akses maupun sejarah. Kawasan Sentul bisa menjadi salah satu jawaban. Secara sejarah, Sentul dan otomotif punya batin yang kuat,” tukas Bamsoet.

Baca Juga: Menuju Balapan Terakhir di Moto GP, Rossi: Perpisahan Tidak Mudah!

Seperti diketahui, Sirkuit Sentul sendiri sudah pernah menggelar ajang Moto GP yakni pada 1996-1997 silam. Kala itu, Moto GP masih menggunakan spek mesin berkapasitas 500cc.

Indonesia sendiri hampir pasti menjadi tuan rumah Moto GP musim 2022. Hal itu setelah Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, masuk dalam kalender sementara Moto GP tahun depan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bambang Soesatyo (@bambang.soesatyo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya