SOLOPOS.COM - Kondisi bus yang masuk jurang sedalam kurang lebih 3 meter di Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (13/8/2022). (Solopos.com-Antara/Vicki Febrianto)

Solopos.com, MALANG — Peristiwa kecelakaan melibatkan bus pariwisata kembali terjadi. Kecelakaan bus pariwisata itu kali ini terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim). Bus pariwisata yang mengangkut 23 siswa Mts Annur Sawahan, Turen, itu terperosok ke jurang di Desa Plandi, Wonosari, Kabupaten Malang, Sabtu (13/8/2022).

Kapolsek Wonosari, Iptu Anwari Sidiq, mengatakan bus yang membawa rombongan 28 siswa dan dua guru itu terperosok ke jurang sedalam 3 meter. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada 31 orang dalam bus itu, terdiri dari 28 siswa, dua orang guru, dan pengemudi,” kata Sidiq.

Akibat kejadian tersebut, kata Sidiq, ada dua orang siswa yang mengalami luka-luka hingga harus mendapat perawatan dari fasilitas kesehatan terdekat. Seorang siswa bernama Karomatun Nisa terkilir di bagian pinggang dan mendapatkan perawatan di Puskesmas Ngajum. Sedangkan satu siswa lainnya, Billy, mengalami luka lecet akibat terkena pecahan kaca. Sementara itu, puluhan siswa dan penumpang lainnya dilaporkan selamat dalam kejadian tersebut.

Kecelakaan bus pariwisata yang terperosok ke jurang di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, itu diduga akibat ketidakmampuan sopir dalam mengendalikan kendaraan di meda jalan yang menanjak dan berbelok. Ketika bus tidak mampu menanjak dan mundur hingga terperosok ke jurang.

“Pada saat menginjak gas, bukannya menanjak, melainkan justru mundur. Kebetulan selain jalan yang curam, kondisinya juga licin akibat hujan,” ujarnya.

Baca juga: Begini Kronologi Kecelakaan Pemotor Terlindas Bus Wisata di Karanganyar

Akibat tidak mampu menanjak tersebut, bus akhirnya mundur dan terguling ke tebing yang dekat dengan perkebunan warga. Bus pariwisata yang kecelakaan di Desa Plandi, Kabupaten Malang ini pun harus dievakuasi dari jurang.

Rencana evakuasi bus tersebut akan dilakukan esok hari dengan menggunakan alat berat. Sementara itu, rombongan siswa Mts Annur Sawahan itu mengalami kecelakaan ketika hendak berwisata ke Umbulan Tanaka, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya