SOLOPOS.COM - Tak hanya lezat jadi olahan, ikan patin juga kaya manfaat untuk tubuh. (Detik)

Solopos.com, SOLO–Di balik cita rasanya yang lezat saat diolah menjadi aneka masakan, ikan patin juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jadi jangan ragu untuk menyantap olahan berbasis ikan air tawar satu ini ya.

Banyak manfaat ikan patin bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari menjaga kesehatan otak, menurunkan kolesterol, hingga mendukung kesehatan tulang dan otot.  Ikan patin atau Pangasius adalah salah satu sumber protein hewani bernutrisi tinggi dengan harga yang cukup terjangkau. Ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan air tawar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kandungan nutrisi ikan patin sangat banyak, sehingga menjadikan bahan pangan ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dalam 100 gram ikan patin, terkandung sekitar 120 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 15 gram protein
  • 5,9–6 gram lemak
  • 10 miligram magnesium
  • 200 miligram fosfor
  • 300 miligram kalium
  • 100 miligram natrium
  • 10 mikgrogram folat
  • 8,2 mikgrogram selenium
  • 9 IU vitamin D
  • 0,8 miligram vitamin E
  • 0,5 miligram zinc

Selain kandungan gizi tersebut, ikan patin juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang cukup melimpah. Ikan ini juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin K, kalsium, serta kolin yang juga baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: WHO Naikkan Status Varian Mu Asal Kolombia Jadi VOI

Karena kandungan gizinya yang cukup tinggi, ikan patin baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Tak hanya itu, ikan patin juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan seperti dikutip dari alodokter.com, Rabu (1/9/2021):

1. Mencegah penyakit kardiovaskular dan menurunkan kolesterol

Manfaat ikan patin pertama adalah mencegah penyakit kardiovaskuler. Hal ini karena sumber protein hewani ini mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sehat dan baik untuk jantung serta pembuluh darah.

Oleh karena itu, untuk memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, kamu perlu mencukupi asupan nutrisi harian, yang salah satunya bisa didapat dari ikan patin.

2. Menjaga kesehatan otak

Selain baik untuk jantung, lemak omega-3, protein, serta aneka vitamin dan mineral yang terkandung pada ikan patin juga berguna untuk menjaga kesehatan otak, lho.

Baca Juga: Kenapa Suka Stalking Mantan? Ternyata Ada Penjelasan Ilmiahnya

Beberapa riset menunjukkan bahwa pola makan sehat, termasuk dengan rutin mengonsumsi ikan, dapat menjaga fungsi dan kinerja otak, meningkatkan memori dan konsentrasi pada lansia, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit tertentu pada otak, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

3. Mendukung kesehatan otot dan tulang

Protein yang terkandung dalam ikan patin berperan penting dalam proses pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh, seperti kulit, otot, dan tulang. Selain itu, protein juga berperan dalam pembentukan energi serta beragam hormon dan enzim di dalam tubuh.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ikan patin punya manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga membuatmu tidak mudah terkena penyakit. Bahkan, penelitian menemukan, rutin mengonsumsi ikan patin juga dapat mendukung proses pemulihan tubuh ketika sedang sakit atau cedera.

5. Mencegah anemia

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Penyakit ini bisa terjadi akibat tubuh kekurangan asupan zat besi, folat, dan vitamin B12.

Baca Juga:  Hotel-Hotel di Bali Marak Dijual, PHRI Khawatir Merembet ke Daerah Lain

Untuk mencegah anemia, kamu perlu mencukupi asupan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti daging, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan ikan, termasuk ikan patin.

6. Mengontrol kenaikan berat badan

Manfaat lain ikan patin adalah membantu program diet loh! Hal ini karena kandungan protein yang tinggi pada ikan patin juga diketahui baik untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini bisa membuatmu lebih mudah mengontrol nafsu makan, sehingga berat badan pun lebih mudah dijaga.

Selain itu, ikan patin juga termasuk salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi di kala diet.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya