top ear
Terapi hijau dapat membantu mengurangi tingkat kejenuhan dan stres. (istimewa)
  • SOLOPOS.COM
    Terapi hijau dapat membantu mengurangi tingkat kejenuhan dan stres. (istimewa)

Tak Hanya Bisa Cegah Stres, Ini Manfaat Terapi Hijau untuk Kesehatan Mental

Bagi yang sedang merasakan kegundahan atau tekanan pada diri yang sangat besar, terapi hijau dapat membantu mengurangi tingkat kejenuhan dan stres.
Diterbitkan Minggu, 25/10/2020 - 13:37 WIB
oleh Solopos.com/Ratih Nisa Intana
2 menit baca

Solopos.com, SOLO – Bagi yang sedang merasakan kegundahan atau tekanan pada diri yang sangat besar, terapi hijau dapat membantu mengurangi tingkat kejenuhan dan stres.

Caranya pun cukup mudah, hanya dengan melihat pepohonan atau tanaman, ataupun pergi ke berbagai tepat yang memiliki pemadangan indah seperti pedesaan, hutan, taman, bukit, air terjun, dan sebagainya.

Penelitian dari Exeter University, menemukan bahwa orang yang tinggal di daerah hijau lebih bahagia dan kurang mengalami tekanan mental. Penelitian di Belanda juga menemukan orang-orang yang tinggal di dekat ruang hijau memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik daripada mereka di lingkungan perkotaan.

Begitu juga di Jepang, praktek Shinrin-yoku (mandi hutan) terbukti efektif mempromosikan ketenangan dengan mengurangi kadar kortisol dan menurunkan tekanan darah.

Tak hanya itu, laporan dari Natural Inggris menyebutkan, jika setiap rumah tangga di Inggris memiliki akses yang baik terhadap ruang terbuka hijau (RTH) yang bagus. Ternyata hal itu bisa menghemat biaya perawatan kesehatan hingga 2.1 miliar poundsterling atau sekitar Rp4 triliun per tahun.

Menempatkan diri pada suasana alam, disinyalir dapat membawa manfaat untuk kondisi psikologis. Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat terapi hijau yang perlu kalian ketahui.

Cara Lezat Dan Aman Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Memperbaiki suasana hati

Terapi hijau ini sangat efektif memperbaiki suasana hati. Saat terasa cemas, sebaiknya kalian pergi keluar rumah dan cari taman yang sejuk dengan banyak pepohonan.

Mencegah stres dan depresi

Hindari perasaan stres yang bisa datang kapan saja. Karena stres bisa memicu berbagai macam penyakit yang mengganggu kualitas hidup. Cobalah, untuk menanam banyak pepohonan dan bunga di halaman rumah untuk mencegah stress dan depresi.

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Bisa bersosialisasi

Kalian juga harus bersosialisasi dengan banyak orang. Dengan melakukan terapi hijau di luar ruangan, kalian juga bisa melakukan sosialisasi dan bertemu banyak orang di sekitar. Bahkan, kalian juga sedikit mengobrol dengan mereka sambil menikmati pemandamgan di taman.

Mencegah rasa kesepian

Kalian yang terbiasa di rumah sendirian dan mudah stres, ada baiknya pergi ke taman melihat pepohonan hijau. Karena, saat itu pikiran akan lebih rileks dan tenang. Selain itu, kalian juga tidak hanya melihat pemandangan ataupun bunga-bunga yang sedang bermekaran, namun, juga hiruk pikuk banyak orang yang akan membuat kalian semakin bahagia.


Editor : Profile Anik Sulistyawati
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini