SOLOPOS.COM - Merawat kulit bermanfaat bagi kesehatan mental (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO--Kulit yang sehat dan terawat berpengaruh pada kesehatan mental, terutama di masa pandemi seperti ini. Perawatan kulit juga bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh dan memberikan kesejahteraan psikologis seperti yang tercatat di Berkeley Wellness.

Erum Ilyas, MD, ahli kulit bersertifikat Montgomery Dermatology di King of Prussia, Pennsylvania, juga mengatakan bahwa kulit kita adalah kunci untuk kesehatan internal kita. Ketika kulit terlihat dan terasa nyaman, tentunya kita akan merasa lebih baik dan percaya diri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melansir dari okezone.com dan sumber lain belum lama ini, berikut manfaat perawatan kulit yang baik untuk kesehatan mental.

Tiktok Jadi Aplikasi Terlaris Dan Lebih Cuan Dibanding Youtube

Mengurangi masalah ketidakbahagiaan

Menurut Matt Traube, psikoterapis klinis berlisensi dan psikodermatolog Santa Barbara, California, di masa pandemi ini sangat penting untuk mempertahankan beberapa rutinitas selama seminggu. Ini saat yang tepat untuk memanfaatkan kebiasaan seperti makan sehat, olahraga, dan perawatan kulit. Sehingga, kemungkinan menderita masalah ketidabahagiaan juga akan berkurang.

Membantu menghentikan kekhawatiran

Aktivitas seperti membersihkan, mengencangkan, dan melembabkan wajah, juga dapat membuat kita keluar dari pikiran buruk dan mengalihkan fokus pada apa yang dilakukan. Sehingga, kita juga akan memberikan perhatian penuh kepada perawatan wajah.

Traube, menjelasakan bahwa dengan terlibat dalam aktivitas ini selama beberapa menit, itu dapat membantu otak melepaskan diri dari pola pikir spiral yang kurang sehat.

Meningkatkan mood

Kegiatan seperti memijat lembut kulit dengan waslap hangat untuk membersihkan, meluangkan waktu ekstra untuk menghaluskan pelembab halus di wajah, atau mengoleskan masker dapat membuat perasaan menjadi lebih rileks dan sejahtera.

Joyce Davis, MD, seorang dokter kulit di New York City, merekomendasikan untuk menggunakan masker jika menginginkan perawatan kulit yang lebih terkonsentrasi. Karena, masker lebih lembut dan dapat membantu membuat kulit sehat sementara dan memberi penampilan yang lebih muda dan segar.

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Perketat Mobilitas Warga

Semakin dekat dengan orang-orang tersayang

Dr. Ilyas, menemukan bahwa saat ini berinteraksi sosial yang tidak terlalu langsung, seperti menghabiskan waktu perawatan diri bersama anak-anak, ternyata jauh lebih efektif dalam mencapai keseimbangan kesejahteraan fisik dan mental. Untuk itu Anda bisa meracik bahan-bahan di dapur untuk dijadikan masker sendiri dengan minyak kelapa atau alpukat tumbuk, bersama orang-orang terkasih.

Rutinitas yang baik

Dengan melakukan perawatan kulit, sama halnya fokus untuk menjaga diri sendiri dengan cara kecil. Hal ini mirip dengan kegembiraan yang mungkin kita dapatkan saat merias wajah. Bahkan, hal ini bisa membuat Anda menemukan pelembab yang sangat disukai dengan buatan sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya