SOLOPOS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Panitia pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tidak hanya melibatkan para tukang becak dan andong dalam acara tasyakuran yang dikemas sebagai Festival Budaya di Solo, Minggu (11/12/2022).

Para pengamen juga turut dilibatkan dalam agenda besar tersebut. Hal itu diungkapkan dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com dari panitia, Sabtu (10/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Disebutkan bahwa pernikahan Kaesang-Erina akan dilangsungkan sebagai Festival Budaya yang akan mengajak keterlibatan masyarakat Solo dan sekitarnya. Keterlibatan masyarakat dimaksud termasuk di antaranya tukang becak, andong, hingga pengamen jalanan.

Ketua panitia pernikahan Kaesang – Erina, Erick Thohir, menjelaskan khusus untuk becak dan andong akan diikutsertakan dalam rangkaian resepsi di sekitar Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran.

Para penarik becak menjadi bagian penting dalam membawa tamu undangan terutama yang tidak menggunakan bus dan tidak menginap di hotel. Erick mengatakan panitia mengajak 400 becak dan 35 andong untuk ikut menyemarakkan Festival Budaya rangkaian pernikahan Kaesang-Erina.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Batal, Becak-Andong Dipastikan Tetap Angkut Tamu Nikahan Kaesang

“Dengan ini semua merasakan kebahagiaan yang dirasakan kedua mempelai,” jelas Erick. “Andong dan becak yang disediakan panitia, khusus untuk mengangkut para tamu undangan terutama bagi mereka yang berasal dari luar daerah dan tidak menginap di hotel,” imbuh Erick.

Rencananya, andong dan becak akan disediakan dua tempat yaitu Stadion Manahan dan Benteng Vastenburg yang akan menjadi lokasi parkir tamu yang membawa kendaraan.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Jateng bersama Satlantas Polresta Solo telah melakukan simulasi perjalanan dan rute menggunakan andong dari Manahan dan becak dari Benteng Vastenburg menuju lokasi resepsi nikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Naik Becak dan Andong, Ini Rute Perjalanan Tamu Resepsi Nikahan Kaesang di Solo

Dari Benteng Vastenburg rutenya adalah Jl Jenderal Sudirman, belok ke Jl Ronggowarsito, lurus sampai Pura Mangkunegaran. Jarak dari Benteng Vastenburg ke Pura Mangkunegaran sekitar 1,2 km dengan waktu tempuh sekitar delapan menit.

Kemudian perjalanan andong dari arah Manahan atau Jl Adi Sucipto menuju Patung Kuda kemudian Jl MT Haryono. Setelah itu belok kanan ke arah Pasar Nongko, menuju Jl Gadah Mada ke perempatan Masjid Sholihin lalu ke Jl RM Said sampai Pura Mangkunegaran.

Perjalanan dari Manahan menuju Pura Mangkunegaran lebih jauh yakni 3,2 km dengan waktu tempuh sekitar 17 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya