SOLOPOS.COM - Direktur Bisnis Dana Jasa dan UMKM Bank Jateng Irianto Harko Saputro (dari kiri), Direktur Utama PT Taspen Antonius Nicholas Stephanus Kosasih, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, menandatangani nota kesepahaman tentang penyediaan hunian bagi aparatur sipil negara di Balai Kota Solo, Kamis (10/11/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Penyediaan rumah oleh Pemkot Solo bekerja sama dengan PT Taspen dan Bank Jateng dengan skema kredit down payment (DP) nol persen serta masa angsuran hingga 40 tahun tak hanya diperuntukkan aparatur sipil negara atau ASN.

Tenaga kerja dengan perjanjian kontrak (TKPK) Pemkot Solo juga berkesempatan membeli hunian dengan skema tersebut. Hal itu disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan di sela-sela penandatanganan nota kesepahaman tentang penyediaan hunian bagi ASN di Balai Kota Solo, Kamis (10/11/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kalau kuat [membayar angsuran] kenapa tidak? Silakan, ketika sudah deal mengambil hunian KTP-nya harus Solo ya,” katanya. Dia menjelaskan kebanyakan ASN Pemkot Solo tinggal di luar kota karena sulit mencari rumah di Kota Bengawan.

Banyak ASN yang nglaju dengan memanfatkan layanan kereta rel listrik (KRL), Batik Solo Trans (BST), dan kendaraan pribadi. ASN melaju paling jauh nglaju Jogja-Solo setiap hari.

“Itu menyita waktu di jalan dan ongkosnya enggak murah. Kami mencarikan solusi disambut Direktur Utama PT Taspen dan Bank Jateng. Kemudian tercetus ide hunian untuk membuat hunian ASN,” kata Gibran.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, ASN Pemkot Solo Bisa Beli Rumah DP 0% Cicilan 40 Tahun

Dia mengatakan skema pembelian hunan itu menarik bagi ASN muda. ASN yang belum memiliki hunian dan tempat tinggalnya paling jauh menjadi prioritas untuk mendapatkan hunian. Pemkot Solo akan membuka pendaftaran bagi ASN yang berminat.

Tahap Awal 213 Unit Rusun

Direktur Utama PT Taspen Antonius Nicholas Stephanus Kosasih mengatakan konsep hunian yang disiapkan merupakan rumah susun dengan lokasi Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo. Selain itu juga rumah tapak.

Realisasi terdekat rumah susun dengan jumlah 213 unit. Menurut dia, ASN Pemkot Solo membeli rumah atau hunian dengan membayar angsuran mulai dengan Rp2 jutaan selama 30 tahun.

Baca Juga: Kisah ASN Solo Nglaju dari Jogja, Sebulan Habis Rp850.000 untuk Transport

Nilai Rp2 jutaan, lanjut Antonius, mungkin besar bagi sebagian orang namun nilai itu akan ringan pada 10 sampai 20 tahun ke depan. Direktur TI, Konsumer, dan Jaringan  Bank Jateng Dodit Wiweko Probojakti menjelaskan Bank Jateng melayani seluruh ASN di Jateng.

Bank Jateng melakukan kerja sama dengan PT Taspen dan Pemkot Solo untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi ASN Pemkot Solo. “Sebagai bank penyedia KPR/KPA [kredit pemilikan rumah/kredit pemilikan apartemen] tentu kami bekerja sama dengan pihak lain yang memiliki lahan atau skema atau komunitasnya,” kata dia.

Pembangunan Rumah ASN Rampung 2 Tahun

“Pemkot punya ASN, taspen yang mengurus pensiunnya, dan memiliki  anak perusahaan yang mengurus properti [PT Taspen Properti Indonesia] ini merupakan kolaborasi yang perfect,” lanjutnya.

Baca Juga: Pemkot: Gaji ASN Tak Cukup Buat Beli Rumah di Solo dan Kawasan Terdekat

Menurut dia, angsuran Rp2 jutaan selama 30 tahun untuk membeli rumah relevan bagi ASN Pemkot Solo. ASN memiliki penghasilan tetap serta tunjangan kinerja yang cukup untuk membayar angsuran rumah serta mencukupi kebutuhan lainnya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di Balai Kota Solo, Kamis (10/11/2022),  Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Direktur Bisnis Dana Jasa dan UMKM Bank Jateng Irianto Harko Saputro, dan Direktur Utama PT Taspen Antonius Nicholas Stephanus Kosasih menandatangani nota kesepahaman.

Satu unit rumah susun merupakan tipe 36 meter persegi dengan dua kamar tidur. Perizinan serta pembangunan ditarget rampung selama dua tahun. Pelaksanaan dilakukan oleh anak perusahaan PT Taspen , yakni PT Taspen Properti Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya