SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, saat memberikan paparan tentang Pemilu 2024 dalam acara Ngobrol Enak Hidangan Informasi Kepemiluan (Nge HIK) bareng KPU Solo secara virtual, Senin (14/3/2022) siang.

Solopos.com, SOLO — Jajaran Komisi Pemilihan Umum atau KPU Solo terus bersiap menyambut tahapan Pemilu 2024 di tengah pro kontra penundaan.

Salah satunya dengan menggelar Ngobrol Enak Hidangan Informasi Kepemiluan (Nge HIK) bareng KPU Kota Solo yang digelar secara virtual, Senin (14/3/2022) siang. Webinar itu mengambil tema Lindungi Hak Politik Perempuan, 23 Bulan Menuju Pemilu 2024.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti mengatakan hari dan tanggal pemungutan suara atau Pemilu 2024 sudah diputuskan KPU RI pada 14 Februari 2024. Merujuk UU No.7/2017 tentang Pemilu, berarti tahapannya dimulai 20 bulan sebelumnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 Diumumkan, KPU Solo Nonton Bareng

“Maka paling lambat 14 Juni 2022 tahapan sudah dimulai. Nge HIK ini kami selenggarakan agar kita semua warga Solo dan masyarakat Indonesia familiar dengan tanggal 14 Februari 2024, hari Rabu, akan dilaksanakan pemungutan suara,” ujar dia.

Menurut Nurul pihaknya tidak akan membahas Pemilu 2024 ditunda atau tidak. Ia berpijak pada keputusan KPU RI. Mau tidak mau, lanjut dia, secara hierarki KPU daerah akan melaksanakan tahapannya.

Baca Juga : PKR Ingin Ramaikan Pemilu 2024, KPU Solo Jelaskan Syarat-Syaratnya

Pemanasan mutlak dilakukan jajaran KPU di daerah. Termasuk, melakukan kegiatan-kegiatan sosialiasi Pemilu 2024 kepada berbagai lapisan masyarakat. Tema Lindungi Hak Politik Perempuan, 23 Bulan Menuju Pemilu 2024 dipilih karena belum lama diperingati Hari Perempuan Internasional.

“Pada 8 Maret 2022 kita memperingati Hari Perempuan Sedunia. Berdasarkan sejarahnya, Hari Perempuan Internasional ini dirayakan setiap tahun di setiap negara. Webinar ini untuk meningkatkan kesadaran kesetaraan gender,” papar dia.

Baca Juga : Fakta Unik: Solo Belum Pernah Dipimpin Perempuan Meski Jumlah Pemilih Perempuan Lebih Banyak

Ia menyampaikan bahwa perempuan berhak memilih dan dipilih, khususnya dalam Pemilu 2024. Untuk itu harus dipastikan perempuan dan seluruh masyarakat yang sudah berumur 17 tahun pada 14 Februari 2024 apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

Selain Nurul, Nge Hik bareng KPU Solo menghadirkan Direktur Eksekutif Perludem, Khoirunnisa Nur Agustyati, sebagai nara sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya