SOLOPOS.COM - Ilustrasi sekolah (freepik)

Solopos.com, SOLO — Pelaksanaan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK jenjang SMP di Kota Solo, Rabu (25/8/2021), berjalan lancar. Sejumlah guru menyatakan proses login maupun proses pengerjaan tahap-tahap berikutnya tidak ada kendala.

Kepala SMPN 20, Liliek Sri Wahyuti mengatakan simulasi ANBK di sekolahnya dibagi ke dalam 3 sesi, masing-masing selama 90 menit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Alhamdulillah semua lancar. Proses login maupun proses selanjutnya lancar tidak ada kendala. Di sini kami bagi menjadi 3 sesi,” ujarnya saat ditemui di sela-sela memantau kegiatan, Rabu.

Baca juga: Masih Dilarang, Disdik Solo Tetap Siapkan Skenario PTM

Untuk diketahui, simulasi ANBK ini sedianya dilakukan sendiri oleh siswa. Namun ada surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng yang melarang siswa datang ke sekolah.

Larangan ini berkaitan dengan situasi Covid-19 yang belum membaik dan masih adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Simulasi ANBK kemudian tetap dilanjutkan tetapi dijalankan oleh guru.

Liliek menambahkan simulasi ini pada prinsipnya menguji coba sistem, bukan substansi soalnya. Sehingga simulasi tetap bisa dijalankan oleh para guru.

Baca juga:Grafiti Sindir Pemerintah di Solo Dihapus, Gibran Tegaskan Bukan karena Kontennya

Sementara itu, di SMPN 15 Solo, pelaksanaan simulasi ANBK dengan materi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang meliputi numerasi dan literasi ini juga dinilai lancar.

Diberi Jarak Antarmeja

Kepala sekolah setempat Iswita Mulyahati mengatakan simulasi dilakukan menggunakan salah satu ruang laboratorium berkapasitas 20 unit komputer.

“Di sini pakai laboratorium yang ruangannya paling besar sehingga ada jarak antarmeja supaya para guru tetap bisa menjaga jarak. Ada 20 unit [komputer]. Alhamdulillah semuanya lancar, tidak ada kendala,” ujarnya didampingi proktor sekolah, Triyana.

Baca juga: Warga Kecele Vaksin Dosis Kedua Sinovac Belum Tersedia di Grha Saba Solo

Ia berharap kelancaran simulasi ANBK ini akan sama halnya dengan ANBK sesungguhnya yang rencananya digelar Oktober mendatang.

“Moga-moga pas ANBK sesungguhnya nanti juga lancar,” harap Iswita.

Sebelumnya, hampir semua SMP di Solo baik negeri maupun swasta kompak memilih jadwal simulasi ANBK pada hari ketiga atau Rabu (25/8/2021). Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMPN Solo, Sumarmo, mengatakan salah satu alasan dipilihnya jadwal tersebut untuk mengantisipasi error akibat kepadatan jaringan yang biasanya terjadi pada hari-hari pertama kegiatan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya