Tak Cuma Nampu & Sembukan, Wonogiri Punya 18 Pantai Cantik dan Perawan
Solopos.com|soloraya

Tak Cuma Nampu & Sembukan, Wonogiri Punya 18 Pantai Cantik dan Perawan

Kawasan Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah, menyimpan 18 pantai yang cantik dan masih perawan.

Solopos.com, WONOGIRI — Kawasan Wonogiri yang berbatasan langsung dengan Gunungkidul, DIY, memiliki deretan pantai yang cantik dan masih perawan. Sayangnya selama ini belum banyak wisatawan yang mengetahui keindahan alam tersebut.

Daerah Wonogiri yang berbatasan langsung dengan laut selatan yakni Kecamatan Paranggupito. Camat Paranggupito, Sulistiyani, mengatakan selama ini hanya ada dua pantai yang dikenal sebagian besar masyarakat, yakni Nampu dan Sembukan.

Padahal menurutnya masih ada 18 pantai lain yang tak kalah cantik dan alami di sana.

"Ada 18 pantai di Paranggupito. Yang banyak dikenal orang memang Nampu dan Sembukan. Tapi pantai dekat Nampu seperti Pantai Waru, Karang Payung dan Karang Bang juga besar sebenarnya," katanya saat dihubungi Rabu (26/5/2021).

Baca juga: Hore! Semua Objek Wisata di Wonogiri Sudah Boleh Buka

Menurut dia, dari 18 pantai yang ada di Paranggupito, hanya Pantai Sembukan yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata. Selebihnya dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Potensi wisata pantai di kecamatan Paranggupito, Wonogiri, memang sangat besar. Jika dikembangkan dengan baik, maka pantai yang masih perawan itu tidak kalah dengan yang berada di Gunungkidul.

"Pada waktu tertentu, pengunjung tidak bisa langsung mendekat ke air pantai. Karena memang geografinya banyak tebing dan terjal. Sehingga hanya bisa melihat deburan ombaknya dari dataran atas," ungkap dia.

Baca juga: Demak Terancam Tenggelam dalam 20 Tahun!

Kendala

Sulistyani menuturkan, salah satu kendala untuk menuju ke sejumlah pantai yakni akses jalan yang terlalu kecil atau sempit. Sehingga untuk kendaraan besar atau sedang tidak bisa sampai ke dekat area pantai.

"Sebenarnya ini sudah ada embrio jalan lingkar di seluruh pantai di Paranggupito. Sudah dipersiapkan tinggal membangun jalannya saja. Kalau masih sempit memang repot. Jika ada jalan lingkarnya bisa mempermudah wisatawan yang akan berkunjung," kata dia.

Baca juga: Cucu Pertahankan Cita Rasa Kuliner Wonogiri Ayam Panggang Mbok Tiyem

Ia mengatakan, saat ini di Desa Paranggupito, tepatnya di sebelah barat pasar telah dibangun terminal wisata. Para wisatawan yang menggunakan bus dan kendaraan besar bisa berhenti di sana. Untuk menuju pantai di kawasan Wonogiri itu disediakan mobil khusus.

"Delapan kepala desa mendukung program itu semua. Jika pandemi sudah berakhir, nanti setiap desa bisa menganggarkan untuk pengadaan mobil wisata untuk mengangkut wisatawan ke pantai. Keuntungannya bisa masuk ke desa," kata Sulistyani.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago