Tak Cuma Merapi, Gunung Semeru Juga Erupsi
Solopos.com|news

Tak Cuma Merapi, Gunung Semeru Juga Erupsi

Gunung Semeru di Jawa Timur mengeluarkan awan panas.

Solopos.com, SOLO - Wilayah Soloraya dikejutkan dengan hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi pada Selasa (3/3/2020) pagi WIB. Namun tak cuma Gunung Merapi, Gunung Semeru di Jawa Timur juga mengalami erupsi pada Selasa Sore WIB.

Dikutip dari Liputan6.com, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Bahkan Luncuran awan panas itu mencapai tiga kilometer. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu pun kini berstatus waspada level II.

Cegah Corona, PNS yang Demam Dilarang Masuk Kantor Anies Baswedan

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, pun sudah mengonfirmasi kabar tersebut. "Sebagaimana yang dilaporkan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Subagyo melalui pesan digital, Selasa [3/3/2020] pukul 17.33 WIB," ujarnya.

Guguran awan panas Gunung Semeru teramati dengan amplitudo maksimal 23 milimeter dengan lama gempa hingga 540 detik. Luncuran awan panas tersebut mengarah ke Besuk Kembar dan Besuk Bang dari pusat guguran dengan jarak kurang lebih 750 meter dari kawah utama.

Kunjungi UNS Solo, Detikcom Goes To Campus Beri Wawasan Soal Brand

Agus menyatakan fenomena semburan awan panas di Gunung Semeru itu kerap terjadi. Saat ini, Agus menyebut kondisi di sekitar gunung tersebut masih aman dan tekendali. Meski begitu, masyarakat setempat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas pada radius satu kilometer.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan BPBD juga memeringatkan warga di sekitaran lereng yang menjadi jalur luncuran awan panas dari kawah utama. Yakni wilayah sekitar empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara.

300-An Pendaftar PPS Pilkada Wonogiri 2020 Dicoret



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago