SOLOPOS.COM - Waduk Cengklik Park di Kecamatan Ngemplak, sudah dibuka untuk umum, Rabu (3/3/2021). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI - Waduk Cengklik Park yang berada di selatan Waduk Cengklik Boyolali sudah dibuka untuk umum mulai Selasa (2/3/2021). Wisata ini pun menawarkan beragam wahana menarik.

Bangunan Waduk Cengklik Park sebenarnya sudah lama ada. Namun, baru beberapa hari ini dibuka untuk umum. Untuk sementara lokasi tersebut baru bisa menerima kunjungan secara terbatas yakni tidak lebih dari 100 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Protokol kesehatan juga dijaga, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Cek suhu tubuh, dilakukan setelah pengunjung membeli tiket dan bersiap masuk gerbang.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Ingin Final Piala Menpora di Solo

Setelah memasuki pintu gerbang, pengunjung akan langsung disambut dengan sejumlah gazebo yang memiliki tampilan bangunan rumah-rumah adat Nusantara. Ada kampung sakura, lengkap dengan taman sakura dan bangunan semacam pagoda. Membuat pengunjung seakan berada di negeri sakura.

Tempat itu juga menawarkan sejumlah wahana dan tempat-tempat menarik untuk berfoto. Misalnya saja di dekat kampung sakura, ada ruang terbuka yang menyuguhkan lokasi berfoto dengan latar bangunan-bangunan keajaiban duni serta ikon berbagai negara. Seperti Borobudur, patung Liberty, menara Eiffel, rumah iglo, Menara Pisa dan sebagainya. Ada kolam renang, ada pusat kuliner serta sejumlah wahana permainan.

Pada bangunan di sisi kolam renang, terdapat rumah terbalik. Ada beberapa ruangan, layaknya ruang-ruang pada sebuah rumah. Mulai ruang tamu, kamar hingga kamar mandi, namun semua dalam posisi terbalik. Ada bombom car, ada juga monorel yang tidak banyak ditemui di tempat lain.

Wahana Berbayar

Namun untuk bisa menikmati wahana-wahana tertentu, pengunjung akan dikenakan biaya tiket tambahan. Seperti monorel, ada tiket Rp20.000 untuk dua kali putaran. Wahana monorel terdiri dari empat gerbong kereta. Kereta yang dijalankan secara otomatis dari pusat kendali, akan mengelilingi sebagian taman melalui jalur dengan ketinggian sekitar empat meter.

"Ada sensasi yang berbeda, sebab kereta berjalan di atas, sedangkan kita juga akan melihat bahwa kereta hanya berjalan di jalur tunggal selebar dinding," tutur salah satu pengunjung yang mencoba wahana tersebut, Rabu (3/3/2021), Riyanto.

Waduk Cengklik Park merupakan salah satu lokasi wisata baru yang didirikan di lahan seluas sekitar 1,2 hektare, di Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Lokasi yang dikelola pihak swasta tersebut sebenarnya sudah dibangun cukup lama, namun karena ada pandemi Covid-19 pembukaan pun ditunda.

Baca Juga: Setahun Pandemi Covid-19, Begini Kondisi Sektor Industri di Boyolali

Manager Pemasaran Waduk Cengklik Park, Susilo Puji Astuti, berharap, kehadiran WCP bisa mengobati rindu masyarakat akan tempat hiburan, setelah sekitar setahun lamanya berada di tengah pandemi Covid-19.

"Hanya, untuk sementara memang kami menerapkan pembatasan jumlah pengunjung. Kami tetap mematuhi aturan dan protokol kesehatan," kata dia belum lama ini.

Dari rencana awal, pengelola arena permainan dan pusat kuliner tersebut menggabungkan unsur tradisional dan modern di dalam satu lokasi. Diharapkan lokasi tersebut akan menjadi tempat yang bisa menyasar semua kalangan serta memberikan sarana hiburan dan edukasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya